Peringati HUT RI, Warga Sukapura Lepas Ribuan Burung

Pelepasan Ribuan Ekor Burung Pada HUT RI ke-77

KBRN, Jakarta: Warga RW 08 Kelurahan Sukapura, Jakarta Utara, melepas 1.945 ekor burung dari berbagai jenis. Hal ini sebagai bentuk suka cita dalan merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI)  ke-77.

Sofyano Zakaria, sebagai pemrakarsa acara tersebut mengatakan, pelepasan ribuan burung itu dilakukan di Taman 88, Perumahan Pelindo Gading, Sukapura, Jakarta Utara, Rabu (17/08/2022).

"Jenis burung yang dilepas diantaranya burung Emprit, Kutilang, Gereja, Crucuk dan Tekukur yang didatangkan langsung dari Cikarang dan Kerawang, Jawa Barat," kata Sofyano kepada wartawan di acara tersebut.

Meneurutnya, pelepasan ribuan burung ini ke alam bebas jarang dilakukan warga masyarakat dalam memperingati hari kemerdekaan RI.

Pelepasan ribuan burung tersebut disaksikan puluhan anak hingga ibu-ibu dan bapak-bapak di lingkungan sekitar. Kegiatan itu juga dihadiri Lurah Sukapura Iwan Budiawan, ketua RW Chondro, Ketua LMK Kel Sukapura Mubarok, Ketua RT 08 Bangid dan warga setempat. 

Masih dalam rangkaian hari Kemerdekaan RI, kegiatan tersebut juga diramaikan dengan berbagai kegiatan lomba diantaranya menghafal naskah proklamasi dan pancasila yang diikuti anak - anak berumur 5 hingga 10 tahun.

Selain mengikuti upacara bendera di pagi hari, Sofyano juga menjelaskan kegiatan warga RW 08 Sukapura juga diisi pemberian santunan kepada 7 veteran RI. 

"Sebanyak 7 veteran tersebut masing - masing menerima bingkisan berupa uang cash senilai Rp 1.000.000,- voucher bahan bakar minyak (BBM) senilai Rp 1.000.000 dan souvenir yang nilainya mencapai Rp 4.000.000," kata dia.

Paket bingkisan yang diberikan kepada 7 veteran tersebut dipersembahkan dari PT Pertamina Patra Niaga dan PT Pertamina Hulu Energi, PLN dan Tokoh Masyarakat Kelurahan Sukapura. 

Pemberian paket bingkisan yang diberikan 7 veteran itu sebagai bentuk kepedulian masyarakat  kepada veteran pejuang bangsa yang selama ini perekonomiannya banyak yang tergolong memprihatinkan. 

Tujuan dari pemberian santunan ini adalah kepedulian terhadap veteran dan juga menanamkan pendidikan bagi anak-anak untuk bisa menghargai pahlawan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar