Tari Topengan Malang Meriahkan "MLC Di Kotamu"

Acara Pro2 Music Live Chat MLC Di Kotamu, yang diselenggarakan di pelataran Taman Krida Budaya Kota Malang, Rabu (10/08/2022).

KBRN, Jakarta : Tari Topengan Malang yang dibawakan para mahasiswa dan mahasiswi Universitas Negeri Malang, menjadi salah satu daya tarik gelaran "Pro2 Music Live Chat MLC di Kotamu". Tari tradisi ini mampu menyemarakkan acara pembuka setelah rangkaian perform lagu dan musikalisasi puisi, oleh para pelajar SMA SMK Kota Malang.

Para penonton yang duduk lesehan di pelataran dan taman terlihat terhibur oleh gerakan tari yang dinamis dan rampak. Terlebih sekitar 15 penari bertopeng dengan kostum serba merah ini, membawakan tari selalu menghentak-hentakan kaki dengan bunyi-bunyian khas generincing.

"Gerakannnya bagus, indah tapi juga dinamis. Kaki penari ada lilitan kerincing kecil-kecil, pas dihentakan kakinya bunyi gemerincing," kata Nita salah seorang penonton yang hadir di pelataran Taman Krida Budaya Kota Malang, Rabu (10/08/2022).

Para penari Topengan Malang tersebut terdiri para masiswa dan mahasiswi  semester 3 dan 5 dari program studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Universitas Negeri Malang.

Tari Topengan Malang menggambarkan tari keprajuritan yang diambil dari kisah Panji, sehingga gerakan tari dan musik terlihat dinamis dan rampak. Topeng yang dikenakan para penari juga menggambarkan berbagai karakter yang pada intinya merupakan simbol semangat berjuang. 

"Tari topengan Malang merupakan salah satu tari tradisi khas Malang yang menggambarkan prajurit dari Sabrang yang siap berperang", jelas DR. Wida Rahayuningtyas, Ketua Departemen Seni dan Desain Universitas Negeri Malang, yang mendampingi para penari.

Menurutnya, dalam memberikan pembelajaran bagi anak muda dibidang seni budaya, Universitas Negeri Malang memiliki prodi pendidikan seni tari dan musik. Mahasiswa yang dididik diarahkan memiliki kompetensi utama sebagai guru maupun kompetensi pendukung sebagai penari maupun enterprenuer seni pertinjukan.

"Anak muda cukup banyak yang berminat belajar seni tari, para lulusan banyak yang jadi PNS sebagai guru maupun.penari dan enterprenuer seni pertunjukan", ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar