Pemkot Jaktim Percepat Pengerukan 3 Waduk

KBRN, Jakarta : Asisten Perekonomian Pembangunan dan Lingkungan Hidup Setko Administrasi Jakarta Timur, Kusmanto, memimpin peninjauan lapangan pengerukan waduk di Wilayah Jakarta Timur, Senin (8/8/2022).

Tiga waduk yakni Waduk TIU, Waduk Giri Kencana, dan Waduk Halim, pengerjaannya akan dipercepat sebelum musim hujan datang.

“Kami baru saja melakukan peninjauan waduk di mulai dari hulu, Waduk Tiu di Kecamatan Cipayung dan Waduk Giri Kencana, untuk memastikan pengerjaan pengurasan waduk di wilayah Jakarta Timur harus dikebut,” ujar Kusmanto.

Saat ini, katanya, pengerjaan Waduk Tiu baru mencapai 40 persen. Kondisi ini sedikit lambat karena terkendala batu cadas.

Kendala juga terjadi di Waduk Giri terkait PHB (penghubung), usai dikeruk, air waduk masuk ke PHB dan terjebak. Karena itu, Kusmanto meminta Sudin SDA (Sumber Daya Air) memperdalam saluran PHB-nya, agar air tersebut bisa keluar.

“Untuk Waduk Tiu maupun Waduk Giri Kencana kita targetkan sebelum Desember sudah selesai pengerjaannya, sehingga setelah nanti selesai dikeruk atau dikuras oleh Sudin SDA, bisa menampung air disaat musim hujan sehingga dapat mencegah genangan dan banjir di wilayah Jakarta Timur," ucapnya.

"Saya harapkan kepada Sudin SDA agar segera dikebut pekerjaannya mumpung masih musim kemarau, jadi mudah untuk dikerjakan,” tambah Kusmanto.

Selain Waduk Tiu dan Giri Kencana, Waduk Halim juga jadi fokus pengerjaan. Kendati diakui Kusmanto sudah banyak perubahan, namun dia meminta pengerukan Waduk Halim bisa dipercepat, demi mengurangi intensitas banjir di musim hujan.

"Kita juga melihat kondisi Waduk Halim, ini bagus sudah banyak perubahan yang dulunya PHB Sulaeman dapat kiriman air dan banjir, sekarang sudah ada perubahan jauh, yang pertama Waduk Halim banyak berubah, penampang basahnya sudah semakin luas,” tutur Kusmanto.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar