UPDATE: Kasus Covid-19 meningkat di Depok

Ilustrasi

KBRN, Depok: Kasus Covid-19 di Kota Depok terus meningkat beberapa hari ini. Dalam satu hari saja, ada penambahan kasus sebanyak 75 kasus Covid-19 baru, pada Rabu (19/1/2022).

Sehingga jumlah kasus aktif di Depok saat ini mencapai 341 kasus.

"Kemarin itu 75 kasus baru, lonjakan kasus tertinggi sejak 1 Januari 2022, yang sebelumnya penambahan kasus aktif sebanyak 49 kasus dan sebelumnya dibawa itu," ucap Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Mary Liziawati saat dikonfirmasi RRI, Kamis (20/1/2022).

Apakah dari 341 kasus aktif di Depok saat ini terdapat kasus Omicron, Dinkes Depok belum dapat memastikan. Sebab, belum ada laboratorium di Depok yang bisa mendeteksi varian Omicron.

"Tapi kami sudah mengirimkan 50 an sampel ke Pusat dan ke Provinsi untuk mengidentifikasi Omicron. Jadi kita masih menunggu hasil lab nya. Jadi saat ini kita baru bisa bilang positif Covid-19," ujarnya.

Biasanya, lanjut Mary hasil laboratorium dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan keluar dalam waktu 1-2 minggu. Tetapi bisa lebih cepat, tergantung dari kondisi antrian laboratorium itu sendiri.

"Kalau hasil laboratorium sampel dari LIPI itu biasanya paling cepat 1 minggu, tergantung disananya lagi banyak pemeriksaan atau tidak ya," tutur Mary.

Dijelaskan Mary, lonjakan kasus Covid-19 saat ini banyak menyasar pada klaster keluarga. Bahkan  ada satu kasus 7 anggota keluarganya terpapar Covid-19.

"Cuman sumber kasusnya ini darimana kami belum bisa pastikan untuk saat ini. Kami meminta kerjasama masyarakat untuk selalu patuh dengan prokes," ungkapnya. (RL)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar