FPSA Dinilai Jadi Solusi Penuntasan Persoalan Sampah di Jakarta

KBRN, Jakarta : Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perumda Sarana Jaya berencana membangun dua Fasilitas Pengolahan Sampah Antara (FPSA). Diyakini, dua FPSA itu akan memberikan dampak besar pada pengelolaan sampah di ibu kota.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan sejumlah pendekatan dalam penanganan sampah perkotaan. Salah satunya adalah mengolah sampah dengan teknologi ramah lingkungan.

"Tahun ini sudah masuk proses lelang (FPSA). Kita doakan, Mudah-mudahan ke depan nanti setelah dibangun berproses kita tidak ada lagi masalah dengan sampah, insya Allah nanti kita punya pengelolaan sampah yang berteknologi tinggi seperti negara-negara maju," ujar Ahmad Riza Patria di Jakarta, Jum'at (15/10/2021).

Menurut Ariza, jumlah sampah yang dihasilkan DKI Jakarta cukup besar, mencapai 7800 ton per hari. Untuk itu, katanya, pengolahan sampah ini tidak hanya dengan pendekatan teknologi ramah lingkungan.

Ia menyampaikan, penanganan sampah perkotaan akan dilakukan dengan pendekatan kolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat agar bisa mengolah sampah sejak dari sumber dengan gerakan Jakarta Sadar Sampah.

Jakarta Sadar Sampah merupakan wadah kolaborasi guna mewujudkan Jakarta lebih bersih dan hijau. Mulai dari pemerintah, komunitas, bisnis hingga individu, diajak untuk bekerja sama dan turut terlibat melalui tiga aksi, yaitu mengurangi, memilah dan mengolah sampah.

Direktur Keuangan Sarana Jaya Bima Priyo Santosa, pada diskusi virtual Balkoters Talk bertajuk 'Olah Sampah dengan Teknologi Ramah Lingkungan', mengatakan, masalah sampah di Jakarta bukanlah hal yang baru.

Namun, dengan adanya fasilitas FSPA diharapkan bisa membantu kota Jakarta dalam menuntaskan masalah sampah. "Sampah ini hal yang urgent dan important  bagi Jakarta, yang kalau tidak ada penanganan itu mungkin tiga tahun atau empat tahun itu katanya Bantargebang bisa penuh," ucapnya.

Namun, Bima menilai masyarakat lebih menyoroti persoalan lain seperti banjir dan macet. "Orang mungkin tidak terlalu sadar bahwa pengolahan sampah itu sangat signifikan, sangat penting bagi perkotaan, dan itu yang menjadi tugas kita," ungkapnya.

Selanjutnya : Pengolahan Sampah

Halaman 1 dari 2

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00