Posisi Tengkurap Bantu Legakan Pernafasan Pasien Covid-19

KBRN, Jakarta : Dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi (Paru), Prof. dr. Menaldi Rasmin mengatakan posisi tengkurap dinilai ampuh membantu pasien Covid-19 dalam keadaan kritis. Menurutnya, memosisikan pasien infeksi virus corona dalam posisi tengkurap dapat meningkatkan pasokan oksigen ke paru-paru. 

"Jika posisi tidur yang dimulai dari tengkurap ini diterapkan pada pasien dengan Covid-19 parah, maka dia dapat terhindar dari risiko penggunaan alat bantu pernapasan, ventilator. Dimana dalam posisi tersebut, jalur paru-paru akan terbuka, sehingga oksigen dapat leluasa masuk ke dalam organ tersebut," kata Menaldi Rasmin saat menggelar Media Gathering virtual 2021, Ramsay Sime Darby Health Care Indonesia (RSDHI), yang bertema “Update Perkembangan Covid-19 & Vaksinasi”, Kamis (26/2/2021).

Lebih lanjut Rasmin menjelaskan, dengan posisi tengkurap pasien Covid-19 bisa terhindar dari potensi terjadinya endapan peradangan, seperti paru-paru bengkak dan basah, yang dapat menyebabkan pasien menjadi sulit bernapas. 

"Saat paru-paru menjadi sangat basah karena terendam cairan, dapat mengganggu proses difusi oksigen atau pertukaran udara di dalam paru-paru. Akibatnya, cairan tersebut mengganggu masuknya oksigen ke pembuluh darah. Sehingga pasien sulit bernapas, sesak, dan bisa meninggal," ujarnya.

Dia menghimbau, meskipun pasien yang telah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 dengan gejala ringan dan melakukan isolasi mandiri di rumah, tetap dianjurkan tidur dalam posisi tengkurap, untuk menghindari dari perawatan di rumah sakit.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00