Tumbuhkan Minat Literasi di Era Digital, PYC Gelar Lomba Cerita Anak Bertema Pahlawan Indonesia

KBRN, Jakarta : Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) menggelar kegiatan lomba bercerita anak secara virtual, dengan tema Pahlawan Indonesia Sabtu, 28 November 2020. 

Sekretaris PYC Amelia Yusgiantoro mengatakan adapun tujuan digelarnya kegiatan lomba ini, diharapkan agar anak-anak lebih mengenal Pahlawan Indonesia dan jasa-jasa para pahlawan Indonesia, serta untuk menumbuhkan minat literasi anak-anak di era digital. 

"Kegiatan yang dilakukan secara daring ini terbagi dalam 2 kelompok kategori usia yaitu kategori pertama untuk anak usia 7-9 tahun dan kategori kedua usia 10-12 tahun. Merujuk dari tema peringatan Hari Pahlawan Nasional tahun ini yaitu Pahlawanku sepanjang masa, PYC merasa perlu untuk menumbuhkan rasa hormat dan menghargai jasa para pahlawan Bangsa sejak dini pada usia SD," kata Amelia.

Para peserta lomba diminta untuk membuat video becerita tentang Pahlawan dan diunggah di media sosial mereka masing-masing. Ada 83 peserta dari 11 provinsi se-Indonesia yang mengunggah video di media sosial Instagram maupun Facebook. 

Juri dalam kegiatan lomba ini yaitu Riahna Jamin Gintings, beliau adalah putri dari pahlawan Jamin Gintings. Juri kedua adalah Letnan Jenderal TNI Ediwan R Prabowo dari Lembaga Kajian Nawacita. Juri ketiga adalah Awam Prakoso seorang pendongeng anak dan pendiri komunitas Kampung Dongeng. Juri keempat adalah Febria Yusgiantoro dari (PYC). 

Dari 10 juara lomba bercerita anak kategori 1, tiga diantaranya : 

1. Jasmine Jannata Amalina Budianto, kelas 2 MIN 10 Blitar.

2. Tara D.J. Suprapto, kelas 1 SD Cinta Kasih Tzu Chi - Jakarta Barat

3. Ufairah Farzana Prasetya dari Bantul Yogyakarta kelas 2 SD Unggulan Asyiyah Bantul

Sedangkan dari 10 juara lomba bercerita anak kategori 2, tiga diantaranya : 

1. M Valiant Faza Syafiq Al Fatich, kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah 10 Blitar.

2. Binar Mutiara Yahya, kelas 4 SD Negeri Ungaran 1 Yogyakarta.

3. Quinta Alayya, kelas 6 SD Negeri Cikumpa Sukmajaya Depok, Jawa Barat.

Selain pemenang berdasarkan penilaian dewan juri, terdapat juga Juara favorit yang penilaiannya berdasarkan hasil survey di survey monkey, diantaranya : 

1.Juara Favorit Kelompok 1: Jocelyn Kayla Surjono dari SD St. Theresia Jakarta

2.Juara Favorit Kelompok 2: Clarita Gloria Nenoliu dari SD Inpres Oebesa, NTT

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00