Pameran Pusaka Pangeran Diponegoro Jadi Alternatif Wisata Saat Libur Cuti Bersama

KBRN, Jakarta : Masih dalam rangkaian Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2020, Direktorat Jenderal Kebudayaan melalui Museum Nasional menggelar Pameran Pusaka Pangeran Diponegoro “Pamor Sang Pangeran”.

Kepala Museum Nasional, Siswanto, menjelaskan bahwa pameran ini menyajikan sosok Pangeran Diponegoro dalam bentuk kekinian yang disuguhkan melalui storytelling dengan media video mapping.

“Pameran ini juga menjadi ajang untuk pertama kalinya keris Kanjeng Kiai Nogo Siluman tampil di depan publik,” ujar Siswanto dalam pembukaan Pameran Pusaka Pangeran Diponegoro yang berlangsung secara virtual, Rabu (28/10/2020) malam.

Menurutnya, pusaka-pusaka Pangeran Diponegoro yang dipamerkan ini menemani pangeran dengan setia saat Perang Jawa berlangsung, dan memiliki kedekatan secara spiritual dengan sang pangeran.

Empat pusaka sang pangeran, kata Siswanto, dibawa Belanda sebagai rampasan perang, sedangkan Keris Kanjeng Kiai Nogo Siluman adalah keris pemberian Diponegoro kepada Kolonel Jan Baptist Cleerens.

"Jan Baptist Cleerens di kemudian hari mengkhianati kepercayaan Diponegoro, dan keris itu dijadikan sebagai bukti kemenangan Belanda. Lima pusaka Pangeran Diponegoro akhirnya kembali ke tanah air dalam tiga kurun waktu yakni, 1977, 2015 dan 2020,” katanya.

Selanjutnya : Museum Nasional

Halaman 1 dari 2

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00