TPA Cipayung Kebakaran, Diduga dari Puntung Rokok

Kondisi terbakarnya TPA Cipayung Kota Depok

KBRN, Depok : Terjadi kebakaran hebat di tempat pembuangan akhir (TPA) Cipayung Kota Depok, Senin (10/8/2020). Api cepat merambat melahap rumput kering dan sampah yang di ada dilahan kosong TPA Cipayung.

Kepala UPT TPA Cipayung Dadan Ardan Kurniawan mengatakan, sekitar pukul 14:00 WIB, patugas keamanan TPA melihat kepulan asap hitam sudah tinggi dari arah pembuangan. Disana sudah ada warga dan pemulung berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

"Tetapi karena medan rumput kering yang lebar api semakin merembet luas. Akhirnya petugas keamanan inisiatif memanggil alat berat untuk membantu memadamkan api sambil menunggu Petugas Damkar," kata Dadan saat dikonfirmasi RRI.

Sekitar pukul 14:30 WIB petugas Damkar tiba dilokasi dengan mengerahkan 2 unit mobil Damkar kapasitas 1000 liter dan 2 unit mobil Damkar kapasitas 4000 liter.

Namun karena posisi area yang terbakar terlalu jauh dari pembuangan. Akhirnya, 4 mobil Damkar tidak dapat dioperasikan.

"Kejauhan rupanya areal yang terbakar. Selang kita ngga nyampe. Karena lokasi adanya dilahan kosong dekat Kali Pesanggerahan," tutur Kepala Bidang Penanggulangan Bencana pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok Denny Romulo, kepada RRI.

Akhirnya, Damkar Depok mengerahkan satu unit pompa air portable yang dioperasikan dari Kali Pesanggerahan untuk memadamkam api.

"Karena selang mobil Damkar ngga nyampe, ya kita akhirnya pakai pompa portable dari Kali Pesanggerahan untuk memadamkan api. Sambil mengerahkan 4 unit beko yang ada disitu untuk mecah-mecah api," ucapnya.

Butuh waktu 1 jam bagi Damkar Depok untuk memadamkan sijago merah itu.

Sementara untuk penyebab kebakaran, Denny memprediksi berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan di lokasi lahan tidur TPA selaus 100 hektar itu.

"Tidak ada kerugian maupun korban dalam insiden ini. Satu jam tim kita bisa menjinakkkan api tadi," tandas Denny. (RL)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00