Banjir Jalan Arif Rahman Hakim Disedot Damkar

Petugas Damkar Depok Keringkat Banjir Jalan Arif Rahman Hakim

KBRN, Depok: Pasca diguyur hujan deras sejak pukul 16:00 WIB, Jumat 29 Mei 2020, Jalan Arif Rahman Hakim, Pasar Kemirimuka dan pemukiman warga banjir setinggi 40 CM.

Banjir menghambat perjalan warga yang melintasi turunan fly over Jalan Arif Rahman Hakim dari arah Jalan Margonda menuju Jalan Nusantara, Beji. Beruntung, Jalan Arif Rahman Hakim sedang menerapkan Sistem Satu Arah (SSA) sehingga pengguna jalan dapat dialihkan melalui lajur sebaliknya.

Sekitar pukul 16:40 WIB, Tim Penanggulangan Bencana Kota Depok menerjunkan 2 unit mobil Damkar dengan kapasitas 3500 Liter dan 9 personel untuk mengeringkan genangan air tersebut.

"Ngga ada pompa portabel, jadi kita terjunkan 2 unit mobil damkar untuk nguras air itu. Dua mobil ini ya bolak-balik menyedot lalu membuang air ke tempat lain sampai kering," tutur Kepala Bidang Penangggulangan Bencana pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok Denny Romulo kepada RRI, Jumat (29/05/2020).

Saat proses pengeringan, pengendara sepeda motor masih banyak yang melintas pada sisi jalan yang lebih tinggi. Sehingga kondisi Jalan Arif Rahman Hakim dari arah Margonda menuju Beji tidak lumpuh total.

Petugas Damkar memerlukan waktu hingga 4 jam, untuk mengeringkan genangan air dan selesai pada pukul 20:45 WIB.

Dijelaskan Denny bahwa penyebab genangan air karena debit air terlalu besar, sehingga saluran air yang mengarah ke Setu Pladen tak mampu mengendalikan debit air sebanyak itu dalam waktu cepat.

"Salurannya yang ke Setu Palden kurang besar, makanya banjir," tandasnya. (RL)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00