Banjir Bandang Terjang Bogor, 11 Korban Meninggal Dunia

KBRN BOGOR ;  Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor dan Puncak pada Selasa malam hingga Rabu pagi mengakibatkan air di Pos Bendung Katulampa Bogor meluap hingga level siaga 2. Hujan deras yang terjadi di wilayah Bogor itu juga mengakibatkan banjir bandang dan longsor di sejumlah wilayah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menyebut, musibah bencana banjir dan longsor di wilayah Bogor hingga Rabu siang (01/01/20),  mengakibatkan 11 orang dilaporkan meninggal dunia dan puluhan warga lainnya terpaksa harus diungsikan.

“Saat ini kami masih terus melakukan pendataan korban dan kerugian secara matrerial. Namun sampai dengan siang tadi pukul 14.00 WIB, tercatat sudah ada 11 warga dilaporkan meninggal dunia dan puluhan warga di 41 titik lokasi banjir terpaksa harus diungsikan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bogor, Yani Hasan, saat dikonfirmasi RRI. Rabu, (01/01/20).

Menurutnya, untuk menanggapi adanya puluhan laporan yang masuk semua petugas BPBD Kabupaten Bogor diterjunkan ke lapangan untuk melakukan evakuasi serta menghimbau mereka yang tempat tinggalnya rentan terkena bencana untuk segera mengungsi.  “Petugas kami saat ini telah kami kerahkan ke lokasi bencana untuk membantu warga bersama jajaran terkait. Mudah mudahan korban tidak terus bertambah,” harapnya.

Di lokasi Bendung Katulampa Bogor, Walikota Bogor, Bima Arya yang datang langsung untuk memantau ketinggian air di Bendung Katulampa juga menyampaikan instruksi kepada seluruh jajarannya untuk siap siaga dalam mengantisipasi dan memonitor musibah bencana alam, baik itu banjir dan longsor di wilayahnya.  “Saya meminta seluruh lurah, camat dan aparatur terkait untuk siap siaga. Sebab dari laporan pihak BMKG cuaca ekstrim seperti ini diprediksi masih akan terus terjadi hingga beberapa hari kedepan,” kata Bima Arya.

Sementara itu, dari pantauan RRI di lokasi Bendung Katulampa Bogor, luapan debit air terlihat mengalami puncak ketinggiannya yang menyentuh hingga di level siaga 2 terjadi pada pukul 07.30 WIB hingga pukul 11.00 WIB. “Ya benar, air di Katulampa ini mulai surut tadi pada pukul 11.30 WIB ke level siaga 3 atau bertahan di 150 cm dari mercu bendung hingga sekarang ini pukul 14.00 WIB,” kata Andi Sudirman, Kepala Petugas Bendung Katulampa Bogor. (aris)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00