Fahira Idris: Saatnya Marakkan Kembali Aksi Donor Darah

KBRN, Jakarta: Seiring semakin terkendalinya pandemi Covid-19, Anggota DPD RI yang juga Senator DKI Jakarta Fahira Idris kembali menggelar kegiatan donor darah di berbagai wilayah di Ibu Kota. Setelah pada 2021 berhasil menggelar donor darah di lima kota administrasi yakni ; Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan.

Kini kegiatan donor darah yang bertajuk “Donor Darah untuk Negeri” digelar di level kecamatan. Nantinya secara rutin dan berkala, kegiatan “Donor Darah untuk Negeri” akan diselenggarakan di 44 kecamatan yang ada di Jakarta. 

“Saat ini, kegiatan 'Donor Darah Untuk Negeri' sedang melakukan roadshow yang ketiga dalam rangka giat donor darah di 44 kecamatan di seluruh wilayah DKI Jakarta. Jika roadshow di tingkat kecamatan ini selesai, maka kegiatan donor darah ini akan berlanjut di 267 kelurahan yang ada di Jakarta. Saya berharap kegiatan donor darah yang digelar secara rutin ini mampu menjaga stok ketersediaan darah di Jakarta,” ujar Fahira Idris di sela-sela Bakti Sosial “Donor Darah untuk Negeri” di Kantor Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (14/8/2022). 

Fahira Idris mengungkapkan, sudah saatnya kembali menyemarakkan kegiatan donor darah sebagai agenda rutin semua institusi baik itu Kementerian/Lembaga, BUMN/BUMD, Pemerintah Provinsi, Swasta atau Korporasi, ormas, hingga komunitas masyarakat. 

"Selain itu, idealnya ada semacam konsensus bahwa kegiatan donor darah akan menjadi salah satu cara bangsa ini merayakan atau mensyukuri peringatan hari-hari besar nasional misalnya Hari Pahlawan, Kebangkitan Nasional, Sumpah Pemuda dan HUT Kemerdekaan serta peringatan hari-hari penting lainnya", ucapnya. 

Menurut Fahira Idris, ketersediaan darah harus tetap terjaga karena di Jakarta masih banyak pasien yang membutuhkan tambahan darah rutin salah satunya para pasien talasemia. Belum lagi penyakit-penyakit lain yang membutuhkan transfusi darah untuk proses pengobatan termasuk korban-korban kecelakaan lalu lintas yang harus segera ditolong. Kesembuhan para pasien ini sangat tergantung akan ketersediaan darah. 

Itulah kenapa, kegiatan donor darah secara berkala harus terus digelar agar lebih banyak nyawa yang bisa terselamatkan.Selain dalam rangka HUT RI ke-77 Tahun, Bakti Sosial Donor Darah untuk Negeri ini juga sebagai rasa syukur Milad ke-5 Ormas Bang Japar. 

"Saya juga mengajak semua elemen untuk semarakkan kembali kegiatan donor darah yang intensitasnya menurun selama pandemi ini", ujarnya. 

Dari setiap tetes darah yang kita sumbangkan, tandas  Fahira akan menyelamatkan banyak nyawa dan kehidupan. Semoga kolaborasi kita untuk saling bahu membahu, bergotong royong, dan saling tolong menolong terus menyala di kota kita tercinta Jakarta. Teman-teman yang hari ini mendonorkan darahnya adalah Pahlawan Darah Indonesia,”pungkasnya. 

Sementara, Wakil Camat Jagakarsa Teguh Arifiyanto menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Ibu Fahira Idris beserta Bang Japar. terima kasih telah bersama-sama Kecamatan Jagakarsa untuk Kolaborasi. 

"Kami sangat mendukung langkah dan gerak Ibu Fahira Idris dan Bang Japar dalam kegiatan sosial dimasyarakat khususnya Kecamatan Jagakarsa", ucapnya. 

Dokter Sibroh Malisi Pengurus PMI Provinsi DKI Jakarta menyambut baik kegiatan Ibu Fahira Idris dan Bang Japar, alhamdulillah, kami melihat kegiatan positif dan kegiatan yang baik ini, maka Pak Ketua PMI Provinsi DKI Jakarta titip salam dan akan terus mendukung langkah baik Ibu Fahira Idris dan Bang Japar. 

"Hari ini, kami serahkan Piagam Penghargaan PMI Provinsi DKI Jakarta untuk Bang Japar Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan, teruslah berbuat dan bermanfaat untuk sesama",ujar Dokter Sibroh Malisi dalam sambutannya. 

Pada kesempatan itu, Owner RS Andhika RE Andhika Puji Sachrianto, mengatakan dalam kegiatan aksi donor darah yang dilaksanakan, RS Andika berkontribusi dengan membuka stand untuk pemeriksaan bila ada warga pendonor yang kurang sehat usai mendonorkan darahnya. Bila memerlukan perawatan ke IGD kami dari RS Andhika siap membantu. 

"Alhamdulillah selama berlangsungnya donor darah berjalan aman. Kami stanbye bila ada pendonor darah yang butuh penanganan lebih akan langsung dibawa ke RS Andhika. Kami siapkan 1 unit mobil ambulans dengan 2 orang parawat IGD dari RS Andhika", tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar