BPJAMSOSTEK Gelar Gathering Perisai

KBRN, Jakarta: Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Kantor Cabang Mampang Pasar Minggu menggelar Ghatering "Perisai" atau Penggerak Jaminan Sosial Indonesia di Hotel JS Luwansa Jakarta Selatan, Rabu (27/6/2022). 

BPJAMSOSTEK dalam mengakuisisi peserta untuk memberikan perlindungan seluas - luasnya, menciptakan sistem keagenan.  Salah satu di dalam sistem keagenan  itu adalah Agen Perisai. 

"Agen Perisai itu merupakan mitra perpanjangan tangan dari BPJAMSOTEK  untuk melakukan akuisisi kepesertaan dari mulai pendaftaran hingga  pembayaran iuran nya", ujar Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Mampang Ivan Sahat H. Pandjaitan, dilokasi acara. 

Ia menjelaskan, agen perisai ini sebagai mitra kerjasama. Agen perisai akan mendapatkan imbal balik atau insentif ketika agen perisai berhasil melakukan akuisisi terhadap tenaga kerja yang dijadikan menjadi peserta BPJAMSOSTEK. 

Kegiatan hari ini merupakan gathering dari agen - agen perisai tersebut sekaligus  sosialisasi terkait dengan aturan-aturan yang baru, menyampaikan adanya perubahan jumlah insentif yang baru. 

"Mulai per Juni 2022 ini, kami memberikan insentif yang baru yang besarnya  lebih besar dari sebelum Juni 2022.Hari ini kami kumpulkan agen perisai yang tergabung dalam kantor cabang BPJS Jamsostek Mampang Pasar Minggu, untuk diberikan pengarahan. Sekaligus memberikan  semangat kepada mereka supaya  lebih semangat lagi melakukan kegiatan akusisi kepesertaan", paparnya. 

Sedangkan materi yang disampaikan pada gathering itu, lanjutnya,  berupa sosialisasi program, sosialisasi model bisnis yang baru, tips dan trik bagaimana mereka supaya dapat bekerja lebih mudah di lapangan melakukan akuisisi kepesertaan  tersebut. 

Gathering perisai diikuti peserta sekitar 33 orang, khusus agen yang ada di wilayah kerja BPJAMSOSTEK Cabang Jakarta Mampang Pasar Minggu. 

"sebenarnya di sistim perisai  ini terbagi dua, ada yang namanya kantor perisai, yang merupakan wadah  dari agen - agen perisai di bawahnya.Bekerja sama dengan kantor perisai, kemudian kantor perisai harus memiliki agen agen perisai. 

Kantor perisai bisa berbadan hukum dan tidak berbadan hukum. seperti; Yayasan, Koperasi, Paguyupan, bisa mengajukan diri untuk menjadi kantor perisai atau agen perisai BPJAMSOSTEK. Nanti kantor perisai ini yang akan merekrut agen - agen perisai di bawahnya. 

"Harapan kami agen perisai ini untuk mengakuisisi pekerja yang bukan penerima upah. Pekerja-pekerja mandiri yang informal maupun formal yang tidak memiliki majikan.Pekerja informal ini yang menjadi target dari agen perisai ini, kepesertaan yang bukan penerima upah. 

Sekarang ini kurang lebih ada 40 agen perisai yang bergabung dengan  sekitar 5 kantor perisai. Para agen perisai boleh mengakuisisi pekerja dimana saja. Ketika dia mempunyai komunitas kelompok misalnya di Depok atau di Bogor itu tidak tertutup kemungkinan juga mereka bisa akusisi. Jadi kalau Wilayah kerja mereka itu bisa dimana saja. 

"Tidak mungkin kami yang turun secara langsung untuk mengakusisi pekerja informal. Agen - agen perisai inilah sebagai  perpanjangan tangan BPJAMSOSTEK untuk membantu mengakusisi pekerja informal. 

"Agen produksi aku sisi 1 bulan nanti di akhir bulan sudah  langsung bayarkan insentifnya", tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar