Ketua MPR RI Hadiri Penutupan Kongres KNPI XVI

KBRN, Jakarta : Kegiatan Kongres KNPI XVI di Kota Ternate, Maluku Utara, telah berakhir Sabtu (21/5/2022) kemarin. Acara ini ditutup secara resmi oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo via daring dari Jakarta.

Sejumlah tokoh pun turut menghadiri acara penutupan antara lain, Gubernur Maluku Utara Gani Kasuba, Wakapolda Maluku Utara, jajaran Forkopimda Provinsi Maluku utara, Walikota Ternate, Kapolres Ternate, Kepala BNN Maluku Utara, Danlanal Ternate dan Ketua Umum terpilih Haris Pertama.

Ketua panitia lokal Imanullah Muhammad menyampaikan penyelenggaraan Kongres KNPI XVI berjalan lancar, aman dan sukses.

Menurutnya, seluruh rangkaian acara mulai dari parade maritim, peletakan batu pertama tugu pemuda, penyerahan tanah dan air dari seluruh Indonesia, pesta rakyat, bazar sampai pembukaan dan agenda-agenda sidang kongres hingga penutupan ini berlangsung sukses.

"Saya ucapkan terima kasih, khususnya kepada Gubernur Maluku Utara sebagai pembina KNPI, dan Kapolres Ternate AKBP Andik Poernomo yang tak lelah memberikan dukungan dan bantuan pengamanan hingga kongres berjalan lancar, aman dan sukses," ujar Imanullah.

Imanullah juga menyatakan bahwa penutupan kongres dan pleno ke 4 di Landmark tidak mengurangi meriah dan suksesnya agenda kongres KNPI XVI.

Haris Pertama pun terpilih kembali sebagai ketua umum KNPI masa bhakti 2022-2025. "Haris telah berhasil memimpin KNPI dan membawa organisasi pemuda Indonesia untuk terus eksis dalam mengawal agenda-agenda kepemudaan dan bangsa," katanya.

Haris Pertama dalam sambutannya sebagai Ketua Umum DPP KNPI terpilih menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Maluku Utara, dan seluruh pihak yang terus memberikan dukungannya sehingga kongres KNPI XVI berlangsung sukses. “Pemuda sebagai penentu akhir politik Indonesia harus kuat agar negara jaya," tegas Haris.

Sementara itu, Gubernur Maluku utara Gani Kasuba mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta kongres dan semua pihak yang turut mensukseskan kongres KNPI XVI di Maluku Utara.

Sebagai tuan rumah, dirinya mengaku bangga atas suksesnya penyelenggaraan kongres KNPI XVI di Provinsi Maluku Utara. “Terimakasih semuanya, Gubernur yang sudah tua bisa ikut mensukseskan kongres KNPI,“ ucapnya.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dalam sambutan penutupan secara daring menyampaikan selamat atas sukses kongres KNPI dan terpilihnya Haris Pertama sebagai Ketua KNPI baru terpilih.

Bambang Soesatyo pun menyampaikan persoalan amandemen konstitusi yang sedang mendapat perhatian luas saat ini.

Menurutnya, amandemen konstitusi merupakan dinamika ketatanegaraan yang biasa dan bukan barang tabu, namun tidak bisa dilakukan secara serampangan dan haruslah sesuai dengan konstitusi.

Bambang juga menyampaikan dorongan amandemen konstitusi tidak bisa hadir dari ruang kosong, dan harus jelas serta tidak multitafsir, tetapi harus sesuai dengan kebutuhan yang berlaku.

"Konstitusi harus yang hidup, bekerja dan mampu menjawab tantangan zaman, dan bisa diimplementasikan dalam kehidupan masyarakat, serta konstitusi tidak bisa anti perubahan zaman," tuturnya.

Bambang Soesatyo juga menilai bahwa implementasi konstitusi telah mengalami perkembangan, seiring perkembangan kehidupan bernegara dan berbangsa. "Saya berharap KNPI senantiasa hadir untuk kemajuan bangsa dan negara," pungkasnya.

Berdasarkan rekomendasi Kongres Maluku Utara, Kongres KNPI selanjutnya akan dilaksanakan di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar