Animal Defenders Laporkan Satpol PP Penganiaya Anjing

KBRN, Jakarta :  Ketua Umum Animal Defenders Doni Herdaru mengatakan, pihaknya bersama tim kuasa hukum akan menyambangi Aceh dan melaporkan Satpol PP Aceh ke pihak kepolisian, terkait penganiayaan anjing hingga mati demi kawasan wisata halal. Peristiwa yang terjadi di kawasan wisata Kecamatan Pulau Banyak, Aceh tersebut kini menjadi viral.

"Tim Animal Defenders bersama kuasa hukum akan terbang menuju Aceh Singkil via Medan untuk melaporkan kasus Canon. Kami melihat bahwa kejadian ini sangat tidak bisa diterima dan banyak pidana di kejadian ini. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk tetap akan melaporkan kasus ini ke kepolisian, dengan atau tanpa kesertaan pemilik," kata Doni di Jakarta, Senin (25/10/2021).

Lebih lanjut Doni menjelaskan, bahwa pihaknya juga mengawasi langkah yang dilakukan Dinas Pariwisata terkait kejadian penganiayaan anjing tersebut. Menurutnya, wisata halal tak menjadi alasan sebagai perlawanan hukum. 

"Kami juga akan mengawasi langkah-langkah Dinas Pariwisata setempat yang berpotensi menekan pemilik resort terkait keterangan pemilik resort terkait kejadian. Aceh adalah bagian dari NKRI dan tidak ada hukum yang lebih tinggi dari Undang-undang kita. Surat Edaran terkait wisata halal tidak bisa menjadi landasan untuk berbuat melawan hukum," ujarnya.

Menurutnya, langkah ini dilakukan untuk membantu dan mengawal proses laporan atas kasus Canon. Sebab, kekerasan pada anjing sudah meresahkan masyarakat. Selain itu, langkah ini dilakukan untuk melindungi mahluk ciptaan dari Tuhan.

"Langkah ini adalah langkah bersama, lintas group dan lintas organisasi, serta mewakili keresahan masyarakat atas kejadian terkait. Terimakasih @gp.ansor dan Pengurus Cabang Ansor Aceh Singkil, yang akan membantu dan mengawal proses pelaporan kasus Canon. Ini langkah besar, untuk melindungi makhluk Allah, agar kedepannya tidak ada lagi kejadian serupa. Agar pelaksanaan penertiban hewan, dilaksanakan dengan prosedur yang baik dan transparan, oleh pihak yang berwenang dan punya pengetahuannya serta peralatannya," katanya.

Sebagai informasi, unggahan melalui akun Instagram @doniherdaru itu mendapatkan banyak respon dari rekan publik figur hingga aktivis. Mereka mendukung tim Animal Defenders untuk melaporkan Satpol PP di Aceh yang melakukan penganiayaan kepada anjing hingga mati.

Warganet ramai beri dukungan kepada akun @gp.ansor seraya berkomentar: "Doaku bersamamu sahabat," tulis Vicky Nitinegoro "Gasss mas Don," kata Sisca Mellyana "Maju terus," ungkap Mohamad Guntur Romli.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00