PON Papua Berlangsung Sukses, SAPMA PP Apresiasi Menpora

KBRN, Jakarta: Pengurus Pusat Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila mengapresiasi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali atas keberhasilan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

PON XX Papua bahkan dinilai tidak hanya sukses penyelenggaraan, tapi juga sukses prestasi dan dampak ekonomi positif terhadap masyarakat Papua.

Ketua Umum SAPMA PP, Aulia Arief menyatakan untuk target sektor ekonomi, masyarakat Papua merasakan dampak ekonomi yang luar biasa, bahkan para pelaku usaha mendapatkan keuntungan tiga kali lipat.

"Di sisi lain, PON XX Papua juga menghasilkan banyak rekor prestasi, karena ada 57 rekor nasional dan internasional yang tercipta dalam ajang olahraga tersebut, meskipun digelar di tengah-tengah Pandemi COVID-19," ujar Arief di Jakarta, Sabtu (16/10/2021).

SAPMA Pemuda Pancasila menilai, masyarakat Papua berhasil membuktikan kepada masyarakat dalam negeri dan juga dunia bahwa Papua bisa menjadi tuan rumah dan menyelenggarakan event olahraga nasional.

"Kesuksesan PON XX Papua sekaligus menjawab keraguan dan kekhawatiran bahkan ketakutan masyarakat selama ini terhadap penyelenggaraan PON XX Papua," kata Arief.

Terbukti, lanjutnya, seluruh elemen masyarakat baik nasional maupun internasional menjadi saksi mata bahwa komitmen masyarakat Papua dengan tagline Torang Bisa membuktikan masyarakat Papua bisa mensukseskan PON XX Papua.

"SAPMA PP berharap venue-venue yang telah dibangun dengan standar internasional kedepannya dimanfaatkan untuk kepentingan pembinaan atlet dan talenta olahraga Papua maupun prestasi nasional," ucap Arief.

Sementara itu, Menpora pak Zainudin Amali dalam siaran pers situs resmi Kemenpora menyatakan kesuksesan PON XX Papua tercapai berkat kerjasama dan kolaborasi antara lintas kementerian, lembaga pemerintah non kementerian, pemerintah daerah, serta TNI-Polri, organisasi masyarakat dan seluruh elemen masyarakat.

"Tak hanya itu, juga berkat kolaborasi yang luar biasa dengan pemerintah daerah baik Provinsi Papua kemudian kabupaten kota yang ada di Papua," tutur Menpora.

Selain itu, PON XX Papua dapat berjalan sukses karena adanya dukungan dan kerjasama dari kontingen-kontingen dari berbagai provinsi di seluruh Indonesia.

"Semua orkestrasi ini mendapatkan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo sehingga kita semua bergerak yakni empat Menko bergerak, Pak Kapolri, Pak Panglima TNI, dan para Menteri bergantian datang ke Papua memastikan bahwa pelaksanaan PON benar-benar sukses," pungkas Menpora.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00