Depok dikepung pohon tumbang Bilboard ambruk dan listrik padam

Mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Mawar, Depok, Selasa (21/9).
Mobil tertimpa Bilboard ambruk di Jalan Raya Margonda Depok, Selasa (21/9).

KBRN, Depok: Sejumlah wilayah di Kota Depok mengalami pohon tumbang pasca hujan lebat disertai angin puting beliung, pada Selasa (21/9/2021) pukul 16:30 WIB.

Seluruh personil taktis Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok berjumlah ratusan orang diterjunkan serentak ke berbagai lokasi pohon tumbang tersebut.

"Semua personel Damkar dari Mako GDC, UPT Damkar dan Posko Damkar se Kota Depok, sudah diterjunkan ke lokasi pohon tumbang yang tersebar di Depok," kata Kepala Bidang Penanggulangan Bencana (PB) pada DPKP Kota Depok Denny Romulo Hutauruk, saat dikonfirmasi RRI.

Denny mengatakan, ada sebanyak 29 laporan masuk mengenai lokasi pohon tumbang dari masyarakat Depok pasca hujan dan angin puting beliung itu. Hingga pukul 21:00 WIB Dinas Damkar Depok baru mampu mengerjakan sebanyak 15 titik pohon tumbang.

"Ada 29 laporan lokasi pohon tumbang yang masuk ke kami melalui call centre 112 Pemkot Depok. Hingga malam ini baru 15 titik pohon tumbang yang berhasil dievakuasi," ujar Denny.

Dalam musibah ini kata Denny ada dua kendaraan yang rusak tertimpa pohon tumbang. Yaitu 1 unit mobil tertimpa pohon di Jalan Raya Margonda, dan 1 unit sepeda motor tertimpa pohon di wilayah Cilodong.

"Sejauh ini baru 2 unit kendaraan itu yang dilaporkan rusak karena pohon tumbang," katanya.

Adapun 15 lokasi pohon tumbang se Kota Depok yang sudah berhasil dievakuasi oleh Dinas Damkar Depok yaitu.

1. Pohon tumbang, di seberang ruko Aster, seberang Apotik Nurika, Jalan Boulevard, Grand Depok City (GDC), Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok. Ada beberapa orang yang tertimpa pohon.

2. Pohon tumbang, di Pesantren Daraul Mukhlisin, Jalan Rapika, Kampung Rawa Denok, RT02/RW12, Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoranmas, Kota Depok. Adanya kabel listrik tertimpa pohon tumbang dan mengakibatkan lampu padam.

3. Pohon tumbang, di Jalan Raden Saleh Gang H Onan No 20 RT04/RW07 Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Sukmajaya.

4. Pohon tumbang, di Jalan KSU, Pemancar RRI, No 22, seberang Gang Kinan, depan Bengkel Las Baja Konstruksi. Pohon tumbang meninpa rumah warga Carolina.

5. Pohon tumbang, di Jalan Gelatik Raya No 1, Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas, Kota Depok. Adanya kabel listrik kendur, melintang ke jalan karena tertimpa dahan pohon yang tumbang.

6. Pohon tumbang, di Jalan Sersan Anning No 24, Pancoranmas, Kota Depok, patokan Soto Bu Tjondro dan BPJSTK.

7. Pohon tumbang, di Perumahan Greenville Residence, Blok C-8, RT04/RW08, Ratu Jaya, Cipayung, Kota Depok. Pohon tumbang itu menimpa kabel listrik perumahan.

8. Bilbord yang jatuh dan menghalangi jalan Raya dan menimbulkan kemacetan di Jalan Raya Sawangan, Mampang, Pancoranmas, Starbuck Sawangan. 

9. Pohon tumbang, di Jalan Gelatik Raya No 1, Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas, Kota Depok. Akibat tertimpa pohon tumbang kabel listrik kendur, melintang ke jalan.

10. Pohon tumbang, di Jalan Pintu Air Selatan No 26 D, RT01/RW11, Pancoranmas, Kota Depok. Kabel listrik terlepas dari tiang karena tertimpa pohon, kabel menjuntai ke rumah warga, dan warga tidak berani menyalakan listrik.

11. Pohon tumbang, di Perumahan Alam Sukmajaya dan Setu Jalan Setu Baru, RT01/RW01, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatah Sukmajaya, Kota Depok. Pohon tumbang yang menghalangi jalan dan listrik padam di sekitar lokasi. 

12. Pohon tumbang, di Jalan Akses Tanah Baru, Gang Empang 4, Tanah Baru, Kota Depok, patokan Cafe 33. Pohon yang tumbang, menghalagi jalan dan menimpa kabel listrik dan ada percikan api dari kabel tersebut.

13. Pohon tumbang, di Jalan Anggrek, No 53, RT10/RW03, Pancoranmas, Kota Depok, patokan belakang pom bensin Jalan Kartini. Tiga pohon besar tumbang di belakang rumah warga.

14. Bilbord yang jatuh dan menghalangi jalan Raya dan menimbulkan kemacetan, di Jalan Raya Sawangan, Mampang, Pancoranmas, patokan Starbuck Sawangan.

15. Ada 2 gardu listrik meledak dan 1 rumah asbesnya pecah serta tiang listrik miring karena tertimpa pohon beringin dan karet utan. Tindakan sementara menutup akses jalan khawatir warga melintas tersengat listrik. (RL)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00