Perempuan Himpunan Tani Blusukan Bagikan Sembako Warga terdampak PPKM Level 4

Saat membagikan bagi-bagi sembako di sekitar wilayah Jakarta Barat itu, Dian Novita menyebut gerakan ini dengan “Emak-Emak Peduli COVID-19”
Perempuan Himpunan Tani Blusukan Bagikan Sembako

KBRN, Jakarta: Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan membuat banyak pihak kewalahan. Sebagai bentuk solidaritas terhadap mereka yang membutuhkan bantuan selama masa perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, sejumlah perempuan yang tergabung dalam HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) menggelar aksi bagi-bagi sembako di wilayah Jabodetabek.

“Sebagai perempuan kita juga memiliki rasa empati dan kepedulian yang tinggi. Kita juga hadir untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan dan kita juga membuktikan bahwa perempuan tangguh dalam melawan pandemi ini,” kata Ketua Umum PP Perempuan Tani HKTI, Dian Novita Susanto dalam siaran pers yang diterima Radio Republik Indonesia pada Rabu (28/7).

Saat membagikan bagi-bagi sembako di sekitar wilayah Jakarta Barat itu, Dian Novita menyebut gerakan ini dengan “Emak-Emak Peduli COVID-19”.

Rencananya aksi ini akan berlanjut ke berbagai wilayah di Jakarta dan sekitarnya. Dian mengatakan bahwa selama ini emak-emak kerap disepelekan karena mereka hanya dikaitkan dengan persoalan domestik rumah tangga saja. Padahal perempuan memiliki peran yang sangat penting dalam penanggulangan COVID-19 ini.

“Jika perempuan diberikan ruang dan akses, maka mereka akan menunjukkan kemampuan yang sama seperti laki-laki. Tidak sedikit perempuan-perempuan tangguh pemimpin dunia dan figur penting di negara ini yang mampu memberikan inspirasi dalam penanganan COVID-19,” ungkapnya.

Selain membagikan sembako, emak-emak ini juga memberikan edukasi tentang penerapan protokol kesehatan 5M yang terdiri dari mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Aksi sosial dimulai dari kantor sekretariat HKTI di Menteng, Jakarta Pusat  menuju rute aksi yang pertama yakni kawasan Tamansari, Jakarta Barat.

Nantinya para emak-emak tangguh ini akan mengunjungi kawasan Jl. Mangga Besar Raya Tamansari dan akan membagikan sembako kepada para pedagang kaki lima yang berada di kawasan tersebut.

Rute aksi bagi-bagi sembako dilanjutkan ke Pasar Asemka. Rute Tamansari berakhir di Stasiun Kereta Api Jakarta Kota dan Kawasan Kota Tua dimana pedagang asongan dan penjual dengan gerobak dorong akan menjadi target sasaran penerima sembako.

Tidak hanya di Tamansari, gerakan ini juga menyusur kawasan Tambora, Jakarta Barat,  diantaranya Mapolsek Tambora, Rumah Susun Angke, pangkalan bemo, pinggir kali Tanah Sereal, Pasar Pejagalan, kawasan Jelangkeng, dan kawasan sekitar rel kereta api Angke.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00