Aplikasi Dashboard E-Kepegawaian Besutan Kajari Depok Resmi Diterapkan Kejaksaan RI

Jaksa Agung Muda Pembinaan Kejaksaan Agung RI Bambang Sugeng Rukmono dalam acara launching Aplikasi Dashboard E-Kepegawaian di lingkungan Kejaksaan RI
Kepala Kejaksaan Negeri Kota Depok Sri Kuncoro

KBRN, Jakarta : Jaksa Agung Muda Pembinaan Kejaksaan Agung RI Bambang Sugeng Rukmono meresmikan penggunaan aplikasi Dashboard E-Kepegawaian di lingkungan Kejaksaan RI, di Ruang Rapat Gedung Wira Badan Diklat Kejaksaan, Jakarta Selatan, Selasa (27/10/2020). 

Aplikasi Dashboard E-Kepegawaian tersebut merupakan produk Proyek Perubahan dalam rangka Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XI Tahun 2020 yang dikembangkan oleh Kejaksaan Negeri Kota Depok Sri Kuncoro. 

"Sebelum menjabat sebagai Kepala Kejari Kota Depok, Sri Kuncoro merupakan kepala Bagian Kepangkatan dan Mutasi pada Biro Kepegawaian Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan," kata Bambang dalam sambutanya di lokasi. 

Dijelaskan Bambang, latar belakang dikembangkannya aplikasi Dashboard E-Kepegawaian tersebut salah satunya adalah diterbitkannya Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Melalui Perpres tersebut seluruh Kementerian/Lembaga wajib menerapkan SPBE, dalam rangka meningkatkan kualitas layanan pemerintah berbasis elektronik. 

"Tujuannya untuk peningkatan penerapan tata laksana berbasis elektronik serta terwujudnya tatakelola pemerintahan yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel," ucapnya. 

Disamping itu terkait dengan pelayanan kepegawaian yang diselenggarakan oleh Biro Kepegawaian seperti kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, cuti maupun administrasi perijinan, sampai dengan saat ini masih dilaksanakan secara manual atau konvensional. Sehingga proses pelayanan kepegawaian menjadi kurang efektif dan efisien. 

"Berkaitan dengan hal-hal tersebut di atas, maka dipandang perlu untuk mengatur dan membuat sebuah strategi terkait dengan upaya peningkatan kualitas pelayanan kepegawaian di lingkungan Kejaksaan melalui penggunaan Dashboard E-Kepegawaian dengan memanfaatkan teknologi infomasi yang ada," katanya. 

Melalui Dashboard E-Kepegawaian yang dilaksanakan secara online dan terintegrasi tersebut maka pegawai tidak perlu lagi mengajukan layanan kepegawaian secara manual. Bahkan untuk beberapa layanan tertentu seperti kenaikan pangkat dan kenaikan gaji berkala dapat langsung diproses secara otomatis oleh Biro Kepegawaian sepanjang telah memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh peraturan perundang-undangan. 

Disamping itu, dengan menggunakan Dashboard E-Kepegawaian tersebut juga akan mempermudah pegawai dalam melakukan monitoring perkembangan status layanan kepegawaian yang diperlukan karena sistem tersebut nantinya akan dikembangkan sehingga dapat diakses melalui android oleh para pegawai. 

"Pengembangan Dashboard E-Kepegawaian ini diharapkan juga menjadi salah satu upaya dalam mewujudkan Biro Kepegawaian pada Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan yang Modern-Bersih-Melayani," ujar Bambang. 

Dashboard E-Kepegawaian tersebut untuk sementara ini akan diisi dengan beberapa aplikasi sebagai berikut. 

a. Aplikasi E-DosirAplikasi ini merupakan himpunan arsip dokumen kepegawaian dari semua pegawai yang disusun secara kronologis dalam bentuk soft copy yang antara lain meliputi SK Pengangkatan, SK Pangkat, SK Mutasi, Ijazah PendidikanFormal maupun Kedinasan, LHKPN, dan lain-lain.

b. Aplikasi E-PangkatAplikasi ini digunakan sebagai sarana bagi pegawai yang akan mengajukan kenaikan pangkat. Dengan aplikasi ini maka pegawai di satuan kerja di seluruh Indonesia dapat mengajukan usul kenaikan pangkat secara online dengan cukup mengupload persyaratan dalam bentuk soft copy dan tidak perlu lagi mengirimkan dokumen fisik ke Biro Kepegawaian. 

c. Aplikasi E-KGBAplikasi ini digunakan sebagai sarana untuk memproses Kenaikan Gaji Berkala (KGB) bagi para pegawai yang dilakukan secara online dan otomatis. Dengan adanya aplikasi ini maka pegawai tidak perlu lagi mengajukan usul kenaikan gaji berkala karena akan diproses secara otomatis oleh pelaksana sepanjang persyaratan telah terpenuhi. 

d. Aplikasi E-ljinAplikasi ini digunakan sebagai sarana bagi pegawai yang akan mengajukan ijin khususnya cuti atau ijin bepergian keluar negeri secara online. 

"Sebelum diresmikan, Dashboard E-Kepegawaian tersebut telah dilakukan uji coba sekaligus bimbingan teknis penggunaan aplikasi tersebut kepada para pelaksana pelayanan kepegawaian di lingkungan Biro Kepegawaian. Disamping itu mekanisme penggunaan Dashboard E-Kepegawaian tersebut juga telah disosialisasikan kepada satuan kerja Kejaksaan Tinggi di seluruh Indonesia yang diikuti oleh Kasubbag Kepegawaian, Kasubbag Daskrimti dan Perpustakaan serta Operator SIMKARI dari masing-masing Kejaksaan Tinggi," paparnya.

Selain itu, dalam rangka untuk mempermudah pengoperasian Dashboard E-Kepegawaian tersebut juga telah disusun Buku Petunjuk Operasional (Manual Book) dalam bentuk hard copy maupun soft copy yang rencananya akan diedarkan ke semua satuan kerja di seluruh Indonesia. (RL)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00