Pastikan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Diterapkan, Pemkot Jakarta Utara Sidak Lotte Mart

KBRN, Jakarta - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara menggelar sidak di Lotte Mart, Kelapa Gading. Kegiatan digelar dalam rangka pengawasan penggunaan kantong belanja ramah lingkungan, yang mulai diterapkan hari ini, Rabu (1/7).

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan, sidak dilakukan dalam rangka pengawasan dalam penerapan kantong belanja ramah lingkungan. Memastikan pusat perbelanjaan tidak lagi menyediakan kantong plastik sekali pakai sebagai wadah barang.

"Hari ini saya bersama tim pengawas dari Sudin Lingkungan Hidup (LH) Kota Administrasi Jakarta Utara mendatangi Lotte Mart. Memastikan penggunaan kantong belanja ramah lingkungan telah diterapkan," kata Ali saat dikonfirmasi, Rabu (1/7).

Dipastikannya, swalayan dan sejumlah tenant tidak lagi menggunakan kantong plastik sekali pakai. Kantong belanja ramah lingkungan berupa tas kain atau kardus pun tersedia bagi konsumen yang tidak membawanya.

"Mereka (pemilik swalayan dan tenant) tidak lagi menyediakan kantong plastik sekali pakai. Justru menyediakan kantong belanja ramah lingkungan bagi konsumen yang tidak membawa dari rumah," jelasnya.

Meski demikian, sidak ini diterangkannya menemukan persoalan terkait pesanan konsumen melalui ojek daring. Penggunaan wadah alternatif bagi ojek daring akan dikoordinasikan agar tidak lagi menggunakan kantong plastik sekali pakai.

"Nanti kita akan bahas teknisnya seperti apa. Bisa saja mereka disiapkan wadah khusus sehingga tidak menggunakan kantong plastik," tutupnya.

Diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mewajibkan penggunaan kantong belanja ramah lingkungan mulai Rabu (1/7). 

Kebijakan ini didasari Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 142 Tahun 2019 Tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00