Disdik DKI Buka Jalur Zonasi Bina Rw

KBRN, Jakarta : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta akan membuka Jalur Zonasi Bina RW Sekolah, untuk mengakomodir tingginya minat masyarakat yang ingin bersekolah di sekolah negeri. Proses pendaftaran untuk Jalur Zonasi Bina RW Sekolah ini dilakukan pada tanggal 4-5 Juli 2020 dan lapor diri pada tanggal 6 Juli 2020. 

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana mengatakan jalur zonasi bina RW ini dikhususkan untuk siswa kelulusan tahun 2020. Selain itu, adapun tujuan dari jalur tersebut adalah untuk mengakomodir siswa yang berada satu RW dengan sekolah, agar dapat bersekolah di sekolah tersebut.

"Ini akan segera kami umumkan, kami sedang selesaikan semuanya untuk teknis-teknis penerimaan ini. Tapi yang kami pastikan akan menambah kuota untuk jalur zonasi bina RW. Kami sampaikan disini hanya khusus untuk lulusan tahun 2020," kata Nahdiana di Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Sementara itu, Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI, Hamid Muhammad menjelaskan bahwa penambahan siswa untuk aspirasi masyarakat yang ingin masuk negri diperbolehkan. 

"Penambahan siswa dari standar yang ditetapkan itu boleh. Sepanjang memang ada alasan untuk meyakinkan. Kalau tidak, aspirasi masyarakat yang ingin masuk negri ini tidak akan tertampung," ujarnya.

Lebih lanjut Nahdiana menjelaskan, proses seleksi dilakukan dengan cara menyeleksi calon peserta didik baru sesuai dengan domisili yang sama dengan RW sekolah. Jika daya tampung penuh, seleksi berikutnya akan mempertimbangkan usia. 

Adapun persentase penerimaan siswa jalur zonasi bina RW ini, sebesar 11,11% pada PPDB Tahun Ajaran 2020 / 2021. Jumlah peminat sekolah negeri di DKI Jakarta hingga saat ini sudah mencapai 332.000 yang mengajukan akun dalam pendaftaran.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00