Program JKN-KIS Menarik Perhatian Negara di Dunia

KBRN, Jakarta Barat: Sistem jaminan sosial nasional untuk kesehatan yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan sejak tahun 2014 menarik perhatian beberapa negara di dunia. Pada awal bulan Desember 2019 ini, BPJS Kesehatan menyambut kedatangan delegasi dari tiga negara, yaitu Korea Selatan, Nepal, dan Thailand. Para delegasi melakukan kunjungan langsung ke BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat untuk mengetahui pelayanan kepesertaan yang diberikan di kantor cabang.

“Kami menyambut hangat kedatangan para delegasi ke kantor cabang BPJS Kesehatan. Kami dengan bangga menunjukkan kepada delegasi sistem yang selama ini dikelola dalm menyelenggarakan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS)", tutur Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat, Novi Adriyani Rosalina, yang ditemui usai memberikan pemaparan dan sambutan pada delegasi di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat.

Novi menjelaskan BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat memberikan penjelasan terlebih dahulu kepada peserta delegasi yang kemudian dilanjutkan dengan site visit agar para delegasi dapat melihat langsung lapangan untuk dapat mengamati paparan yang telah diberikan.

“Saat pertemuan kami menjelaskan mengenai proses bisnis dan alur pelayanan peserta di kantor cabang. Kami telah memberikan paparan dalam bahasa Inggris untuk mempermudah mereka untuk mempelajari materi tersebut. Pada akhir kegiatan, kami memberikan tour singkat pada titik-titik layanan Peserta di Kantor Cabang,” jelas Novi.

Kegiatan Site Visit tersebut diwarnai dengan diskusi aktif dari para delegasi yang antusias mempelajari Program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Salah satu peserta yang aktif bertanya adalah delegasi dari Thailand yang merupakan Acting Director of NHSO Thailand, Wilailuk Wisasa.

“Terdapat beberapa perbedaan yang menarik antara jaminan kesehatan yang ada di Thailand dan di Indonesia. Salah satunya adalah mengenai sifat portabilitas yang dimiliki oleh Program JKN-KIS yang ada di Indonesia,” jelas Wilailuk.

Ketika melakukan tour kecil, para peserta delegasi melihat 10 loket pelayanan yang ada di Kantor BPJS Kesehatan. Delegasi dari Nepal yang merupakan perwakilah dari Ministry of Health and Population Nepal, Pomawati Thapa, sempat memuji fasilitas yang ada di BPJS Kesehatan kantor cabang Jakarta Barat.

“Terima kasih atas sambutan yang telah diberikan kepada kami. Kantor Cabang ini sudah bagus memiliki tempat duduk prioritas sehingga membantu peserta yang memang membutuhkan. Rate penilaian kepuasan peserta juga baik telah dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat,” ujar Pomawati. (IRV)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00