KemKominfo Ajak Masyarakat Pahami Etika Digital 

KemKominfo Mengajak Kita Untuk Memahami Etika Digital (Foto : Istimewa)
KemKominfo Mengajak Kita Untuk Memahami Etika Digital (Foto : Istimewa)

KBRN Jakarta : Kemajuan teknologi turut beriringan dengan lahirnya beragam inisiatif, termasuk platform donasi digital. Mereka yang ingin berdonasi kepada sesama yang membutuhkan, dapat menyalurkan bantuan lewat platform digital.

Kementerian Komunikasi dan Informatika  (KemKominfo) sebagai pihak yang bertanggung jawab telah menyelenggarakan webinar yakni Literasi Digital dengan mengusung tema: “Berbagi Kebaikan Dengan Digital”.

Selaku narasumber dalam Webinar Literasi Digital ini, yaitu Arief Rama Syarif S.T, M.Kom, yang diselenggarakan melalui platform zoom meeting ini digaungkan oleh KemKominfo terhadap Program Literasi Digital di sektor Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

"Dalam ruang digital kita akan berinteraksi, dan berkomunikasi dengan berbagai perbedaan kultural, dengan media digital setiap warganet berpartisipasi dalam berbagai hubungan dengan banyak orang melintasi geografis dan budaya,  maka dari itu segala aktivitas digital di ruang digital dan menggunakan media digital, memerlukan etika digital,” ujar Arief Rama kepada RRI, Kamis (7/7/2022). 

Menurutnya, Kompetensi Literasi Digital harus memiliki kompetensi mengakses informasi sesuai netiket (sopan-santun/etika dalam berkomunikasi di internet) di platform digital, dan memahami netiket sebagai upaya membentengi diri dari tindakan negatif di platform digital.

"Serta berkolaborasi data dan informasi dengan aman dan nyaman di platform digital dan tidak lupa juga untuk berpartisipasi membangun relasi sosial dengan menerapkan netiket," ujarnya.

"Mari kita rayakan teknologi, kita hormati ilmu pengetahuan, kita dukung semua bentuk kemajuan, tetapi semua harus demi mengangkat derajat manusia. Etika ada karena kita adalah manusia," pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar