Anies : WOB Harus Berinovasi untuk Melestarikan Tradisi Budaya Wayang

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Menghadiri Perayaan Wayang Orang Baratha, di Jakarta, Selasa (5/7/2022).

KBRN, Jakarta : Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Wayang Orang Bharata (WOB) harus terus melakukan inovasi untuk mengembangkan dan melestarikan tradisi budaya wayang. Anies juga berharap, Wayang Bharata dapat menjadi tontonan yang memberikan tuntunan didalam kehidupan. 

"Wayang Bharata harus terus menerus melakukan terobosan dan inovasi. Inovasi yang membuat kebudayaan terus melakukan perkembangan. Kita berharap Wayang Bharata dapat menjaga kelestarianya dan diteruskan dengan inovasi-inovasi. Wayang Bharata juga diharapkan menjadi tontonan yang memberikan tuntunan. Kita jadikan kebudayaan sebagai kehidupan," kata Anies dalam acara Perayaan Ulang tahun Wayang Bharata ke 50, di Jakarta Pusat, Selasa (5/7/2022). 

Lebih lanjut Anies juga menyatakan, bahwa perjalanan yang sudah dilewati Paguyuban WOB tidaklah mencerminkan sebuah usia yang tua karena sistem regenerasi yang dibentuk akan membuat Paguyuban WOB dapat berkiprah dalam waktu panjang. Bahkan, usia emas ini menjadi pondasi yang menunjukkan komitmen keseriusan untuk menjaga dan mengembangkan tradisi wayang orang.

"Kita berterima kasih atas 9 generasi yang telah dihasilkan di Wayang Orang Bharata. Jadi kalau boleh saya menyebut bahwa Wayang Orang Bharata ini baru berusia 50 tahun dan tidak pernah mengalami penuaan, karena terus-menerus muncul generasi baru," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana menegaskan akan menjembatani rencana revitalisasi Gedung WOB dengan para pemangku kepentingan lainnya secara kolaboratif.

“Dinas Kebudayaan bekerja sama dengan para stakeholder yang akan mendanai revitalisasi WOB. Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan semangat bagi para pelaku seni budaya untuk terus berkarya," katanya.

Sebagai informasi, perayaan tersebut juga menyuguhkan aksi pertunjukan wayang orang dengan lakon ‘Gatutkaca’ yang bertajuk ‘Langgengmu adalah Harapanku, Lestarimu adalah Tanggung Jawabku’. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Irwandi beserta jajarannya, serta Ketua Paguyuban WOB, Teguh Kenthus Ampiranto beserta jajarannya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar