Kurangi Kepadatan, Dishub DKI Terapkan Rekayasa Lalu Lintas

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo

KBRN, Jakarta : Rekayasa Lalu Lintas di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) akan dipermanenkan apabila masa uji coba dinilai efektif mengurangi kepadatan lalu lintas.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, rekayasa lalu lintas diterapkan pada sore hari karena kepadatan lalu lintas pada waktu tersebut rata-rata mencapai 100.000 kendaraan. Terkait hal itu, rekayasa lalu lintas di kawasan Bundaran HI diterapkan mulai pukul 16.00 hingga pukul 21.00 WIB.

"Rata-rata 100.000 tepatnya 97.000 sekian, artinya kawasan ini sangat padat dan oleh sebab itu perlu dilakukan manajemen dan rekayasa lalu lintas sehingga kawasan ini yang kepadatannya sedemikian tinggi khususnya pada sore hari akan lebih smooth sehingga mobilitas warga semakin efisien," ujar Syafrin di kawasan Bundaran HI, Senin (4/7/2022).

Lebih lanjut Syafrin menjelaskan, bahwa rekayasa lalu lintas ini berlaku untuk kendaraan pribadi sepeda motor dan mobil. Sedangkan, angkutan umum Transjakarta dan pelaku perjalanan VVIP dapat diizinkan memutar arah dari lingkar Bundaran HI.

"Sebagaimana kita tahu bahwa untuk layanan angkutan umum tetap membutuhkan kecepatan dan ketepatan waktu yang harus dijaga. Berikutnya dari sisi VVIP bahwa perjalanan VVIP juga membutuhkan kecepatan bagi para pelaku perjalanan VVIP yang membutuhkan waktu untuk ketepatan kehadiran di forum tertentu," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar