KTT Y20 Diharapkan Mampu Hasilkan Komunike Isu Anak Muda

KBRN, Jakarta : Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berharap, delegasi KTT Y20 mampu menghasilkan komunike yang bermuatan isu-isu anak muda untuk dibawa ke Presidensi G20. Menurutnya, anak muda merupakan pemilik masa depan dari dunia.

“Ujung pertemuan ini adalah komunike Y20, suatu rekomendasi kebijakan berdasarkan hasil riset dan survei global untuk nantinya diberikan kepada para pemimpin negara G20. Pandangan anak muda harus diakomodir oleh G20, karena para pemuda ini adalah penentu masa depan dan apa yang mereka katakan perlu didengar oleh para pemimpin G20,” kata Anies dalam Virtual Press Conference KTT Y20 Indonesia 2022, Sabtu (2/7/2022).

Adapun area prioritas yang akan didiskusikan pada KTT Y20 Indonesia 2022 antara lain:

- Ketenagakerjaan Pemuda;

- Transformasi Digital;

- Planet yang Berkelanjutan dan Layak Huni;

- Keberagaman dan Inklusi.

Lebih lanjut Anies juga membuka pintu-pintu kolaborasi atas rekomendasi dari Y20 di Jakarta.  “Kami di Jakarta akan mendukung, terlebih pendekatan kami dari awal adalah kolaborasi. Jadi, kami terbuka untuk teman-teman, dan kami akan mendukung, memfasilitasi, sehingga para delegasi merasakan bagaimana kota ini memiliki persatuan dalam keberagamanan baik sosiologis maupun ekonomi,” ujarnya.

Kegiatan KTT Y20 ini juga dinilai sebagai wujud dari Jakarta sebagai Kota Global yang siap menghasilkan berbagai keputusan global. “Jakarta ini merupakan kota global yang warganya terlibat dalam pengambilan keputusan yang bersifat global dan Y20 termasuk juga ke dalamnya,” katanya.

Seperti diketahui, Jakarta dan Bandung terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan KTT Y20 yang merupakan engagement group dari Presidensi G20. Indonesia melalui Presidensi G20 akan mendorong pembangunan berkelanjutan bagi negara-negara berkembang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar