Teliti Tanaman Kosmetik, Cosmax Gandeng Universitas Indonesia

KBRN, Jakarta : PT. Cosmax Indonesia menggandeng Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (UI) untuk melakukan penelitian terhadap beberapa tanaman lokal yang bisa dimanfaatkan sebagai produk  kecantikan. 

Kerja sama ini didasari karena kedua belah pihak menilai, industri kecantikan di Indonesia sedang mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan. Terlihat, berdasarkan data dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dalam lima tahun kebelakang tercatat ada 226.684 produk yang terdaftar pada kategori kosmetika di Indonesia. 

"Kerja sama ini dalam rangkaian penelitian terhadap efektifitas tanaman khas Indonesia yang memiliki potensi sebagai bahan baku utama produk kosmetika, kata Dekan Fakultas Farmasi UI Periode 2013-2022, Mahdi Jufri di Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Dikatakan Mahdi, dalam kegiatan penelitian kedua belah pihak akan melakukan penyaringan melalui tinjauan pustaka tentang jenis tanaman yang berpotensi efektif sebagai bahan kosmetik, mengembangkan proses ekstraksi bahan baku, dan menguji efektifitas khasiat bahan.

“Kami bangga dapat menjalin kerja sama yang bisa memberikan manfaat signifikan bagi kedua belah pihak, untuk unggul dan menjadi garda depan dalam penelitian dan inovasi, kami Universitas sebagai akademisi," ujarnya.

Sementara itu, Presiden Direktur Cosmax Indonesia Cheong Min-Kyoung, menyatakan kerjasama ini akan memberikan dampak positif terutama untuk perkembangan industri kosmetika di Indonesia. 

"Kedepannya yaitu dengan memberikan terobosan inovasi terbarukan di Indonesia. Terlebih Fakultas Farmasi Universitas Indonesia sudah berfasilitas clinical research lab dan industrial research lab sehingga hasil clinical penelitian dapat diimplementasikan pada industri yang terkait," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar