Pengamat Energi Apresiasi Pertamina Tangani Kebakaran Kilang Balikpapan

Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan

KBRN, Jakarta: Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan, mengapresiasi langkah cepat PT Pertamina (Persero) dalam memadamkan api dan meminimalisir dampak kebakaran yang terjadi di Kilang di Balikpapan, Minggu (15/5/2022).

Mamit menyebut, langkah cepat yang dilakukan Pertamina ini bisa meminimalisir kebakaran menjadi lebih besar dan bisa menimbulkan korban jiwa dalam jumlah yang lebih banyak lagi. 

"Secara natural kilang minyak itu mudah terbakar dan apinya cepat meluas. Jika tidak ditangani dengan tepat dampaknya bisa lebih besar. Tapi Pertamina dalam waktu singkat bisa memadamkannya, ini membuktikan kesigapan tim di lapangan sudah cukup terlatih dan teruji dimana kesigapan itu terjadi karena adanya latihan atau arahan yang dilakukan di lapangan," kata Mamit di Jakarta, Rabu (18/5/2022).

Selain itu lanjut Mamit, terlepas siapapun yang menjadi korban baik itu pegawai Pertamina maupun pihak ketiga, langkah cepat dan tepat yang dilakukan dalam penangan korban kebakaran ini sudah sangat baik. Pertamina juga membantu korban, agar perusahaan tempat bekerja harus memberikan yang terbaik bagi keluarga korban agar hak-hak keluarga korban dapat diterima dengan baik. 

"Untuk yang dirawat, saya kira Pertamina akan memberikan  pelayanan terbaik sehingga bisa segera pulih dan bisa kembali bekerja," katanya.

Selain kesiapan Pertamina, Mamit juga mengapresiasi langkah perusahaan pelat merah tersebut dalam menjamin ketersediaan dan kelancaran pasokan bahan bakar minyak (BBM) di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di seluruh Indonesia. 

Dengan demikian tidak menimbulkan kepanikan dimasyarakat karena kekhawatiran akan berkurangnya pasokan BBM secara nasional.

"Jadi masyarakat tidak perlu khawatir ada kelangkaan BBM, karena Pertamina sudah menjamin pasokan tetap aman," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar