FOKUS: #PON XX PAPUA

IKAL 61 Salut Penyelenggaraan PON XX Papua

KBRN, Jakarta : Gelaran Pon XX Papua secara resmi telah ditutup oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Stadion Lukas Enembe, Jumat (15/10).  

Dalam sambutannya Wapres mengatakan ada catatan penting di event 4 tahunan inj, diantaranya adalah event olahraga nasional terjauh dalam venue pertandingan dalam sejarah PON, Selain itu event nasional ini berlangsung di tengah pandemi covid-19 yang mengharuskan satgas covid-19 dan Panitia Besar PON XX harus melakukan prokes Ketat dengan bekerjasama seluruh pihak termasuk pemerintah. 

Senada dengan itu respon positif itu disampaikan Ketua Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas ( IKAL 61) Kombes Pol Djuhandhani Rahardjo Puro mengatakan meski diawal sebagian masyarakat menganggap pesimis event ini, namun kenyataan di lapangan mampu berjalan sukses, hal ini tidak lepas dari berkat peran semua pihak khususnya pihak keamanan dan masyarakat di tanah Papua sendiri sebagai tuan rumah. 

"Sebagai anak bangsa kami bangga mellihat keberhasilan PON XX Papua, dimana kita lihat mungkin beberapa kelompok atau masyarakat sedkit meragukan kemampuan dalam melaksanakan event ini. Namun Alhamdulillah kita lihat bahwa pelaksaan itu berjalan dengan baik, dari segi keamanan, kegiatan dan infrastruktur yang ada mampu menunjukan kemampuan kalau Papua bisa.”Tegas Ketua Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas 61 Kombes Pol Djuhadhani Rahardjo Puro, SH, saat diwawancarai Reporter RRI Jakarta Deni Supriyadi, usai acara reuni IKAL 61 di Auditorium Yusuf Ronodipuro, Gedung RRI Jakarta jl Medan merdeka barat 4-5, Sabtu ( 16/10).

Rasa terima kasih pun disampaikan Kombes (Pol) Djuhandhani Rahardjo Puro kepada Presiden Joko Widodo yang mampu menyatukan dan membuktikan kepada masyarakat bahwa Papua mampu menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional. 

"Ini sungguh luar biasa atas kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo yang mampu membesarkan hati masyarakat di bumi Cendrawasih, ini cukup bagi kami melihat kebersihan Presiden dan Wakil dalam menyatukan NKRI ini. Dengan keberhasilan ini Papua bisa menunjukan tidak hanya nasional tapi ke dunia luar bahwa Papua luar memang luar biasa.”Terang Kombes Pol Djuhandari Rahardjo Puro, SH yang saat ini aktif sebagai Direktur Reserse Kriminal Polda Jawa Tengah

Ditambahkan jika kami lihat jauh dari ibukota  tanah Papua masih mampu dan bisa menunjukan ke dunia luar bahwa papua sangat luar biasa, seperti mottonya "Torang Bisa".

Sementara itu di tempat terpisah Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin dalam penutupan PON ke 20 Papua berpesan event yang telah digelar ini mampu membuktikan bahwa Papua bisa menggelar perhelatan ini.

“Ternyata warga Papua bukan saja mampu menyelenggarakan tap ternyata warga Papua bahkan berhasil menyelenggarakannya dengan sempurna. Ini sesuai dengan semboyang torang bisa,” Ungkap Wapres 

Ada beberapa catatan penting usai pelaksanaan PON ke 20 di Papua. Pertama  pembangunan infrastruktur olahraga yang sangat massif berstandar internasional 

Kedua Lokasi penyelenggaraan tersebar di beberapa wilayah dimana antara satu venue dengan lainnya memiliki jarak yang terjauh yang pernah ada dalam pelaksaan PON XX 

Ketiga dibutuhkan kerja ekstra dengan pelaksanaan prokes yang ketat dan itu semua menurut Wakil Presiden KH Ma’aruf Amin dapat dibuktikan bahwa Papua bisa melaksanakannya 

Selain itu Papua mampu meningkatkan UKM dan mempromosikan budaya serta kulinernya seperti ukiran kayu dan makanan khas Papua Papeda dengan kuah Ikan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00