FOKUS: #PEMBELAJARAN ERA PANDEMI

Bisnis Kos Kosan Terpuruk Imbas Pandemi

KBRN, Jakarta : Penetapan kuliah daring yang mengharuskan mahasiswa belajar dari rumah ternyata berdampak terhadap bisnis kos kosan. Mahasiswa yang memilih balik ke kampung halaman, menjadikan kos kosan di wilayah jakarta selatan sepi.

Sejumlah Kos kosan di Kebayoran lama mengalami hal tersebut. Awal pandemi Covid-19, para penghuninya meninggalkan kos-kosan dan menjadikannya kosong.

Elmira, pemilik kos mengaku bahwa mahasiswa yang menyewa kos kosannya pulang pada awal pandemi, Mahasiswa yang merasa takut tertular covid-19 membuat mereka balik ke kampung halaman. Ditambah dengan faktor ekonomi yang buruk sejak awal pandemi.

"Selama ini, ketika pandemi, anak kos pada pulang karena ketakutan tertular covid-19 dan ekonomi ancur-ancuran. Jadi kosan kosong," ujar Elmira, saat di wawancarai Masni Rahmawatti, mahasiswi jurusan ilmu Komunikasi Universitas Pertamina, yang magang di RRI Jakarta, Rabu (16/6/2021).

Pemilik kos mengaku bahwa Ia mengalami kerugian yang cukup besar. Elmira yang memulai bisnis kos kosan pada tahun 2019, merasakan kerugian tersebut. Karena baru memulai, pendapatan Elmira belum balik modal. 

Faktor ekonomi yang buruk saat pandemi/ menjadikan Elmira menurunkan harga kosannya  Mulai dari setengah harga hingga sepertiga.

"Karena baru dibangun tahun 2019, setahun sebelum pandemi. Belum balik modal, trus ada pandemi. Harga kosan dimintain awalnya setengah, trus akhirnya setengah," ujar Elmira.

Untuk menghadapi para mahasiswa yang balik ke kosnya Elmira memastikan para penghuni bebas dari covid-19 Hal ini harus dibuktikan dengan hasil rapid test antigen.

Elmira berharap mahasiswa yang kembali ke kosannya dapat menjaga diri masing-masing dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Ketika masuk, Saya bilang. Benar benar harus dites, dan hasilnya negatif. Mematuhi prokes dan jangan "meleng". Mereka juga harus menjaga diri masing-masing, karena pada jauh dari orang tua," tutup Elmira.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00