Sosialisasikan Pergub No. 66 Tahun 2020, Ratusan Kenderaan Diuji Emisi Gratis

KBRN,Jakarta: Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Isnawa Adji meninjau uji emisi di kantor Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Selatan, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (20/1/'21). 

Isnawa menjelaskan Pemprov DKI Jakarta melalui Pergub NO. 66 Tahun 2020 Tentang Uji Emisi Kendaraan Gas Buang sangat peduli terhadap kualitas udara. 

Mantan Kadis Lingkungan Hidup DKI Jakarta itu menuturkan pihaknya sangat concern terhadap upaya melakukan uji emisi bagi kendaraan bermotor, baik kendaraan roda empat dan roda dua. 

"Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 12 Januari 2021 dan saat ini merupakani hari ke empat (19 Januari) total sudah ada 366 kendaraan yang telah di uji emisi. Tentunya ini membuktikan bahwa uji emisi menjadi keharusan bagi suatu kota yang menciptakan ruang udara terbuka yang bersih dan sehat serta membuat situasi langit biru di Jakarta," katanya dilokasi.

Isnawa melanjutkan pada Pergub 66 dijelaskan  bahwa nantinya akan ada semacam tindakan tilang apabila pemilik kendaraan tidak melakukan uji emisi. Kini wacana tersebut tengah diproses bersama-sama dengan Polda Metro Jaya. 

"Akan ada sanksi pengenaan denda tertinggi pada saat parkir apabila kendaraan tersebut tidak bisa menunjukkan uji emisi kendaraan,"tambahnya. 

Isnawa berharap melalui uji emisi kenderaan dapat meningkatkan kualitas udara yang lebih baik lagi. Tidak hanya itu, pemilik kendaraan juga akan lebih peduli terhadap mesin kendaraan mereka. 

"Sehingga gas buang seperti karbon monoksida dll tidak lagi mengotori udara di Jakarta dan khususnya di Jakarta Selatan,"imbuhnya.**

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00