Pandemi Covid - 19, BPJS Kesehatan Gelar Program Relaksasi Tunggakan

Kami berharap program relaksasi tunggakan ini dapat meringankan beban peserta pada masa pandemi Covid-19 ini

KBRN, Jakarta Barat: Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan mengatur bahwa peserta dapat dihentikan sementara kepesertaannya pada program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ketika tidak membayarkan iurannya. Pada masa pandemi covid-19 saat ini, banyak peserta menunggak iuran JKN-KIS. Kondisi ini menjadi dasar BPJS Kesehatan memberlakukan program relaksasi tunggakan.

“Program Relaksasi Tunggakan adalah program keringanan pembayaran tunggakan bagi peserta JKN - KIS ; Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), Bukan Pekerja (BP) dan Pekerja Penerima Upah (PPU) Badan Usaha yang memiliki tunggakan lebih dari 6 bulan, dengan sisa tunggakan yang wajib dilunasi paling lambat Desember 2021,” jelas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat Fitria Nurlaila Pulukadang, secara tertulis. Jum"at (16/10/'20).

Fitria menjelaskan, program relaksasi tunggakan ini salah satu implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2020 tentang perubahan kedua atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. Program ini ditujukan bagi Peserta PBPU dan PPU badan usaha yang memiliki tunggakan lebih dari enam bulan dengan melakukan pendaftaran sesuai ketentuan yang berlaku pada kanal pendaftaran yang telah ditetapkan, dan melakukan pembayaran tagihan relaksasi tunggakan pada bulan berjalan. 

Selanjutnya : Pandemi Covid - 19, BPJS Kesehatan Gelar Program Relaksasi Tunggakan

Halaman 1 dari 2

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00