Alami Kasus Positif Covid-19 Tertinggi, Camat Sawangan Lakukan Ini

Camat Sawangan Herry R Gumelar (tengah) beri pengarahan pencegaha Covid-19 kepada Lurah dan Puskesmas

KBRN, Depok : Berdasarkan data dari Gugus Tugas PP Covid-19 Kota Depok, saat ini wilayah tertinggi penyebaran Covid-19 berada di Kecamatan Sawangan dengan jumlah terkonfirmasi positif sebanyak 33 orang.

Tepatnya di Kelurahan Bedahan dan Kelurahan Pengasinan.

Berdasarkan lonjakan jumlah case reaktif tersebut, Camat Sawangan Herry R Gumelar mengumpulkan seluruh lurah, puskesmas didampingin Polsek Sawangan dan Koramil Sawangan untuk mengambil langkah-langkah penanggulangan maupun pencegahan Covid-19 yang lebih intens lagi.

"Betul, tadi saya kumpulkan semua untuk diskusi terkait action plan. Dengan kondisi ini langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan oleh seluruh aparat yang ada di wilayah Kecamatan Sawangan," kata Gumelar kepada RRI di kantornya, Senin (6/7/2020).

Langkah-langkah yang akan segera diambil, lanjut Gumelar, yaitu pertama mendorong seluruh isolasi mandiri ke isolasi rumah sakit. Langkah ini diyakini mampu menekan jumlah penyebaran Covid-19 khususnya terhadap anggota keluarga dan warga masyarakat lainnya.

"Dan yang kedua, lebih meningkatkan lagi geliat-geliat kampung siaga yang ada di Kelurahan Pengasinan dan Kelurahan Bedahan," ujarnya.

Meskipun angka terkonfirmasi positif Covid-19 ada sebanyak 33 di Kecamatan Sawangan. Namun tidak ada Pembatasan Sosial Kampung Siaga tingkat RW se Kecamatan Sawangan. 

Karena rata-rata terkonfirmasi positif di Sawangan, sudah melakukan isolasi rumah sakit.

"RW yang menerapkan PSKS kan harus minimal ada 2 kasus positif diwilayahnya. Alhamdulilah RW se Kecamatan Sawangan ngga ada yang memiliki 2 kasus atau lebih," ungkapnya.

Gumelar meminta kepada jajaran Lurah dan aparat se Kecamatan Sawangan untuk memberikan teladan penerapan protokol kesehatan dan meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat.

Dibagian lain, dia menyebutkan, pihaknya besok, Selasa (7/7/2020) akan melakukan sidak protokol kesehatan di tempat-tempat publik. Seperti di pemancingan Kelurahan Bedahan dan ke Setu Sawangan terhadap pengunjung.

"Besok tempat-tempat itu akan kita datangi, supaya mereka melihat keseriusan pemerintah. Sekaligus mengingatkan bahwa saat ini masih Covid-19," tandasnya.

Sebagai informasi, data perkembangan Covid-19 per Senin (6/7/2020) yaitu terkonfirmasi positif 825 orang, sembuh 578 orang, meninggal dunia 36 orang.

OTG 2532 orang, selesai pemantauan 2029 orang, masih dalam pemantauan 503 orang. ODP 4170 orang, selesai pemantauan 3562 orang, masih dalam pemantauan 608 orang.

PDP 1596 orang, selesai pengawasan 1353 orang, masih dalam pengawasan 243 orang. PDP meninggal dunia 118 orang. (RL)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00