Larangan Pengunaan Kantong Plastik pada Mini Market

KBRN, Jakarta: Sekertaris kota Administrasi Jakarta Selatan, Munjirin di dampingi Camat Jagakarsa, Alamsyah meninjau minimarket alfamart di Jalan Sirsak no. 2, depan kantor Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis (2/7).

Tinjauan itu sekaligus dalam rangka launching penggunaan kantong belanja ramah lingkungan.Munjirin mengucapkan terimakasih kepada pihak alfamart yang telah ikut berperan aktif mewujudkan wilayah kota administrasi jakarta selatan yang bebas kantong plastik sekali pakai, berdasarkan peraturan Gubernur no.142 tahun 2019, tentang kewajiban penggunaan kantong belanja ramah lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan dan Pasar Rakyat.

Baca juga : Persiapan Pusat Perbelanjaan di Bekasi Menuju New Normal

"untuk itu, dalam rangka mengurangi sampah kantong plastik dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan terwujudnya lingkungan yang bersih dan sehat, diperlukan langkah langkah strategi yang komprehensif dan terpadu dalam upaya pencegahan dan penanganan terhadap dampak negatif penggunaan kantong belanja berbahan plastik khususnya dari pelaku usaha dan pasar rakyat," jelasnya.

Munjirin juga menghimbau, agar semua pihak dapat ikut berpartisipasi aktif untuk dapat meningkatkan kualitas lingkungan di wilayah kota administrasi jakarta selatan yang lebih bersih, indah, nyaman, tertib dan lebih baik dari sekarang.

"Diharapkan pemberlakuan kewajiban penggunaan kantong belanja ramah lingkungan di alfamart dapat mengurangi menumpuknya sampah plastik," tambahnya.

Baca juga : Berbahaya, Sampah Plastik Bunuh Kehidupan #PlastikKaditMbois

Sementara Regional Corporate Communication Manager Alfamart, Faturahman mengatakan menurut saya program ini sangat baik, Karena iklim di bumi kita ini sudah sangat memprihatinkan. Kalo bukan di mulai dari kita dari siapa lagi.

"untuk pengurangan kantong plastik ini merupakan satu langkah yang positif. Karena kita tahu sendiri plastik adalah satu bahan yang susah di urai atau susah hilang. Jadi, harus kita sendiri yang menghilangkannya dengan cara memberikan solusi bahwa kita menyediakan kantong belanja yang ramah lingkungan," jelasnya. (IRV)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00