Jembatan Antilope Baru di Jaticempaka Bekasi Mulai Dioperasikan

Rekayasa lalu lintas di jembatan Antilope (foto : istimewa)

KBRN, Bekasi : Dinas Perhubungan Kota Bekasi sekitar pukul 16.00 WIB Rabu (10/8/2022) sore ini, akan mulai melakukan ujicoba rekayasa lalu lintas di Jembatan Antilope di Kelurahan Jaticempaka Kecamatan Pondok Gede Kota Bekasi. 

Ujicoba rekayasa lalulintas dilakukan sebagai bagian dari mulai dioperasikannya jembatan duplikasi atau jembatan baru Antilope yang dibangun oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). 

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Bekasi Teguh Indrianto mengatakan, mulai sore ini pihaknya akan menutup jembatan Antilope lama, dengan menggunakan beton Moving Concrete Barrier (MCB) . 

Kendaraan yang ingin melintas nantinya dialihkan ke jembatan baru, yang posisinya ada disebelah jembatan lama. 

Jembatan baru dibuat sedikit berbelok untuk menghindari  grider box Kereta Cepat Jakarta-Bandung.  Hal ini dilakukan agar kendaraan yang melintas, ketinggiannya tidak lagi dibatasi. 

"Kan disana sudah ada jembatan Antilooe baru. Nah jembatan Antilope lama yang akan kita tutup hari ini," katanya, Rabu (10/8/2022). 

Sebelumnya Jembatan Antilope di Jaticempaka Kecamatan Pondokgede Kota Bekasi, sempat viral di media sosial.

Hal ini karena semenjak girder box Kereta Cepat Jakarta-Bandung dipasang, kendaraan yang melintasi jembatan, dibatasi ketinggiannya hanya 1,7 meter. 

Jika dilihat dari kejauhan, posisi grider box Kereta Cepat, posisinya seperti rubuh dan nyaris menimpa jembatan yang sehari-hari digunakan warga untuk beraktifitas. 

Dengan telah selesainya pembangunan jembatan baru Antilope, pihak Dinas Perhubungan Kota Bekasi menyerahkan sepenuhnya keberadaan jembatan lama kepada Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

"Apakah jembatan lama akan di copot atau hanya ditutup permanen, kewenangannya ada di Kementrian PUPR," kata Teguh. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar