Deteksi Dini Penyakit, Yonkav 1 Kostrad Gelar Posbindu PTM

KBRN, Jakarta : Dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM), Batalyon Kavaleri (Yonkav) 1 Kostrad menggelar kegiatan Pos Binaan PTM. 

Kegiatan ini berlangsung di Gedung Posbindu Asrama Yonkav 1 Kostrad, Cimanggis Depok, Jawa Barat, Senin (8/8/2022).

Dokter Yonkav 1/Badak Ceta Cakti Lettu Ckm dr. Arry H. Sagita Siregar mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya dan sarana dalam melakukan kegiatan deteksi dini, pemantauan dan pengendalian kesehatan prajurit beserta keluarga terhadap resiko penyakit tidak menular. 

"Salah satu faktor risiko PTM meliputi kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi dan hiperkolesterol," katanya.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh kader kesehatan di Posbindu, di antaranya wawancara terarah guna mengidentifikasi riwayat penyakit tidak menular, pengukuran berat badan tinggi badan lingkar perut, analisa lemak tubuh dan Indek Massa Tubuh (IMT) dan pemeriksaan tekanan darah serta konseling kepada Dokter.

“Jadi yang perlu di ingat dalam penanggulangan PTM adalah dengan langkah ‘CERDIK’ yaitu Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin beraktifitas fisik, diet yang baik dan seimbang, Istirahat yang cukup dan kelola stres," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar