Dukung Pemulihan Ekonomi, PLN Upgrade Infrastruktur Ketenagalistrikan

Sosialisasi rencana pembangunan transmisi SUTT 150 kV Tigaraksa II - Tigaraksa, oleh PLN UIP JBB, Jumat (1/7). FOTO: PLN (Dok)

KBRN, Jakarta: Kebutuhan akan pasokan listrik semakin meningkat dari waktu ke waktu seiring dengan pertumbuhan ekonomi khususnya di daerah Kabupaten Tangerang terlebih dengan adanya kebijakan pergeseran status pandemi Covid-19 menjadi endemi. 

Untuk itu, dibutuhkan infrastruktur ketenagalistrikan yang mumpuni agar pasokan listrik bisa dinikmati oleh masyarakat secara optimal. Sebagai langkah dalam mewujudkan hal tersebut, maka dilangsungkan sosialisasi rencana pembangunan transmisi SUTT 150 kV Tigaraksa II - Tigaraksa. 

Kegiatan berlangsung pada Jumat, 01 Juli 2022 bertempat di aula gedung serbaguna Kantor Kecamatan Tigaraksa dengan mengundang stakeholder terkait. 

Dalam sambutannya, Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi, Basuki Widodo, menjelaskan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini dibangun demi memenuhi kebutuhan listrik yang semakin meningkat dan menjaga keandalan listrik khususnya di Kabupaten Tangerang dan sekitarnya. 

"Pentingnya pembangunan SUTT 150 kV Tigaraksa II - Tigaraksa bagi masyarakat dan industri di Kabupaten Tangerang sangat mendesak," ucap Basuki. 

Basuki juga mengungkapkan bahwa pembangunan SUTT 150 kV Tigaraksa II - Tigaraksa di Kabupaten Tangerang terdiri dari 41 tapak tower dengan total luas 15.575 M2. 

“Transmisi ini akan melintasi Desa Sodong, Desa Bantar Panjang, Desa Cileles, dan Desa Cikuya di Kecamatan Tigaraksa dan Kecamatan Solear,” tambah Basuki. 

Helatan ini turut menggandeng Pemerintah Kabupaten Tangerang, yang diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah (Asda II) Kabupaten Tangerang, Yusuf Herawan. 

“Pada prinsipnya kami mendukung penuh rencana pembangunan SUTT 150 kV Tigaraksa II - Tigaraksa ini. Pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini tujuannya adalah untuk mendukung perkembangan daerah khususnya di Kabupaten Tangerang," ujar Yusuf Herawan dalam sambutannya. 

Dilokasi yang sama, mewakili Kejaksaan Tinggi Banten, Adi Perdana memaparkan bahwa Kejaksaan Tinggi Banten akan mengawal proses pembangunan infrastruktur ini. 

“Saya mewakili Kejaksaan Tinggi Banten, mendukung rencana pembangunan dan kami siap mengawal tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam rencana pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini,” ungkap Adi. 

Perwakilan Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang, M Didi Ali Subandi ikut menyuarakan dukungannya. 

“Pembangunan SUTT 150 kV Tigaraksa II - Tigaraksa masih dalam tahapan persiapan. Proses pengadaan tanahnya kelak akan dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ucap Didi. 

General Manager PLN UIP JBB, Octavianus Padudung menambahkan bahwa terlaksananya kegiatan sosialisasi ini merupakan bagian dari tahapan persiapan dari pembangunan Transmisi SUTT 150 kV Tigaraksa II - Tigaraksa. Setelah terlaksananya sosialisasi ini akan dilanjutkan dengan tahapan pendataan awal dan konsultasi publik. 

“Proyek ini merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan serta pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat," tutur Octavianus. 

"Untuk itu, dibutuhkan dukungan dari pemilik tanah, masyarakat dan pemerintah setempat dalam rangka memenuhi 100 persen kebutuhan listrik yang andal demi kehidupan yang lebih baik,” tutupnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar