Peran IPM Dalam Pembentukan Daerah Otonomi Baru di Papua

KBRN, Jakarta : Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua merupakan isu strategis Pemerintah dalam menjawab masalah kemiskinan, serta percepatan pembangunan kesehatan, pendidikan dan pelayanan.

“Pada aspek pelayanan administrasi misalnya, masyarakat wilayah pegunungan dengan jalur transportas udara yang sulit dan mahal tidak lagi bersusah payah untuk ke Jayapura untuk mendapat layanan administrasi yang hanya tersedia di tingkat ibu kota provinsi,” ujar Deputi V Kantor Staf Presiden, Jaleswari Pramodawardhani, dalam diskusi FMB9 yang diselenggarakan secara daring, Senin (27/06/2022).

Dalam mewujudkannya, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Papua memiliki peran penting dalam membangun kesejahteraan yang menyeluruh dan berkelanjutan. Sehingga diperlukan strategi khusus untuk meningkatkan IPM tesebut.

“Ya ini repurpoising, pengembangan pusat pertumbuhan, termasuk mendekatkan pusat-pusat pelayanan publik. Refocusing, pengembangan pusat pertumbuhan tersebut termasuk mendekatkan pusat pelayanan public dengan pusat permukiman melalui penambahan pusat pelayanan,” ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar