Berbagai Inovasi Layanan Hadir Permudah Peserta JKN-KIS

KBRN, Jakarta:  Kemudahan dalam mengakses layanan menjadi salah satu fokus BPJS Kesehatan demi tingkatkan kepuasan peserta. Hal ini diwujudkan BPJS Kesehatan yang hingga saat ini senantiasa meluncurkan berbagai inovasi. Sejalan dengan kemajuan teknologi yang serba digital, BPJS Kesehatan menghadirkan aplikasi Mobile JKN pada smartphone, terlebih lagi pandemi belum menghilang hingga saat ini, kanal layanan digital menjadi solusi kemudahan layanan. 

Melalui Media Gathering yang bertajuk Ngopi (Ngobrol Program Terkini) JKN yang dihadiri berbagai media berbeda di Provinsi DKI Jakarta, BPJS Kesehatan berupaya menyebarkan informasi pelayanan Program JKN-KIS kepada masyarakat melalui para jurnalis media elektronik dan cetak. 

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Pusat, Nanik Yuniastuti memberikan paparan seputar kemudahan layanan dan program lainnya yang menjadi keunggulan dalam pelaksanaan Program JKN. 

“Berbagai inovasi dilakukan untuk meningkatkan kepuasan peserta yang selama ini telah menjadi fokus berlangsungnya Program JKN-KIS. Kami memberikan solusi untuk pelayanan agar selama masa pandemi masyarakat tidak memiliki kendala pelayanan terutama pelayanan administrasi. Pelayanan non tatap muka yang ditawarkan antara lain Aplikasi Mobile JKN, PANDAWA (Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp) di nomor 08118165165, Care Center 165, VIKA (Voice Interactive JKN), dan CHIKA (Chat Asistant JKN),” Ujar Nanik, Senin (27/06/2022) 

Berbagai fitur tersedia di Aplikasi Mobile JKN, salah satunya yaitu fitur yang memudahkan peserta PBPU dan BP menunggak melalui program Rencana Pembayaran Bertahap (Rehab). Fitur ini hadir untuk mempermudah dan meringankan beban peserta dalam melunasi tunggakan iurannya, terlebih bagi peserta yang memiliki tunggakan iuran yang sangat besar. Sehingga peserta lebih ringan dalam membayar, dapat segera aktif dan dapat menikmati kembali pelayanan kesehatan Ketika tunggakan tersebut sudah terlunasi. 

“Sejak awal tahun kami sudah melakukan sosialisasi secara masif terkait program ini (Rehab), baik terhadap peserta, fasilitas kesehatan, dan mitra BPJS Kesehatan lainnya. Cara mengikuti program ini pun cukup mudah, peserta tidak hanya dapat mendaftar melalui aplikasi Mobile JKN namun bisa menggunakan BPJS Kesehatan Care Center 165. Peserta akan diberikan pilihan, dengan maksimal periode pembayaran dilakukan setengah dari total jumlah bulan menunggak,” jelas Nanik. 

Hingga kini, lanjut Nanik, BPJS Kesehatan terus berfokus pada pengembangan inovasi dalam peningkatan mutu layanan serta menawarkan kemudahan untuk masyarakat. 

"Nanik mengatakan sudah seharusnya masyarakat memanfaatkan inovasi yang telah dihadirkan oleh BPJS Kesehatan sebagai bentuk digital layanan yang telah berevolusi menjadi tatanan layanan kesehatan masyarakat yang menjadi semakin mudah dan cepat diakses.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar