Catat! Hari Minggu 29 Mei 2022, Pemkot Bekasi Kembali Gelar CFD

KBRN, Bekasi : Menimbang sudah berkurang dan landainya kasus Covid-19 serta capaian presentase vaksinasi yang sudah tinggi, Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memutuskan Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di ruas jalur protokol Jalan Ahmad Yani sampai dengan Bundaran Summarecon Kota Bekasi, akan kembali digelar dan dibuka pada Minggu tanggal 29 Mei 2022. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi Yayan Yuliana mengatakan, sebagai penanggung-jawab CFD, pihaknya akan mempersiapkan segala teknis pelaksanaannya, agar berjalan aman dan tertib. 

"Seluruh Perangkat Daerah terkait, tengah membahas teknis pelaksanaanya, sehingga saat hari H nanti, CFD Kota Bekasi siap 100 persen dari mulai pengamanannya, penjagaan, penertibannya, dan lain sebagainya," ungkap Yayan Yuliana Kepala DLH Kota Bekasi, Rabu (25/5/2022). 

Selain kasus aktif Covid-19 Kota Bekasi yang sudah berkurang dan tidak ada peningkatan yang signifikan, minat warga yang berharap CFD dibuka kembali pun sangat tinggi. Karena memang CFD dijadikan titik kumpul untuk berolahraga, bermain, serta melepas penat setelah seminggu bekerja. 

"Memang warga sudah banyak yang menanyakan kapan CFD akan digelar kembali, dan sekarang ini momennya dirasa sudah begitu tepat dengan menimbang berbagai hal, apalagi DKI Jakarta juga sudah membuka lagi CFD," kata Yayan.

"Kami akan persiapkan (CFD) secara maksimal, agar warga dapat menikmati kembali CFD dengan aman dan tertib untuk olahraga ataupun hanya sekedar jalan-jalan," tambah Yayan. 

Berapa jam lamanya CFD akan berlangsung serta apakah akan ada pedagang yang berjualan atau tidak?

"Tidak berbeda dengan sebelumnya, CFD dimulai dari jam 06.00 sampai dengan jam 09.00, dan untuk pedagang ada yang berjualan, namun ditata sedemikan rupa agar teratur dan tidak membludak, karena tetap kami perlu mencegah kerumunan yang sangat padat sehingga CFD tetap tertib," ungkap Yayan. 

Personil kebersihan DLH lanjut Yayan, nantinya akan dikerahkan untuk kebersihan lingkungan tentunya. Begitupun personil Dishub untuk mengatur lalu lintas sehingga benar-benar bebas dari kendaraan bermotor.

"Petugas Dinas Perhubungan, akan  menjaga selama penutupan jalan. Untuk Satpol PP, mereka bertugas menjaga keamanan dan ketertiban," ucap Yayan. 

Tidak ada peningkatan kasus Covid-19 yang signifikan bukan berarti kendor terhadap protokol kesehatan. Tetap memakai masker dan menjaga jarak.

Pemkot Bekasi melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) juga akan membuka booth (gerai) vaksinasi yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung CFD. 

"Memakai masker pun penting. Karena Presiden Jokowi berpesan, silahkan membuka masker di ruang terbuka, namun di saat tidak padat orang, maka usahakanlah tetap memakai masker untuk kesehatan diri sendiri begitu pun dengan menjaga jarak. Booth vaksinasi juga akan ada dari Dinkes, serta akan ada pemeriksaan suhu tubuh di titik masuk CFD," pungkas Yayan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar