Percepat Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan DKI Jakarta, PLN UIP JBB Gelar Konsultasi Publik Transmisi Looping Jakarta

KBRN, Jakarta: Sistem Kelistrikan yang andal, perkuat pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta dan sekitarnyaKebutuhan akan listrik kian bertambah seiring dengan mulai terkendalinya laju pandemi COVID-19. Untuk itu dibutuhkan pembangunan infrastruktur kelistrikan yang masif, khususnya di DKI Jakarta dan sekitarnya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membangun infrastruktur ketenagalistrikan, diantaranya adalah Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kV Priok – Muara Tawar dan SUTET 500 kV Bekasi – Muara Tawar. 

Saat ini PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat sedang melaksanakan tahapan pengadaan tanah. Terdapat beberapa tahapan dalam pelaksanaannya, salah satunya adalah konsultasi publik yang diselenggarakan oleh PLN UIP JBB dengan mengundang stakeholder yang terlibat. Kegiatan Konsultasi Publik ini berlangsung di Ballroom Grand Mangaradja, Kelurahan Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara, Senin, 23/5/2022. 

Acara dihadiri oleh perwakilan Tim Persiapan Pengadaan Tanah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Agus Saputra, Kepala Bidang Pengadaan Tanah dan Pengembangan Kanwil BPN Provinsi DKI Jakarta, Andri Supriatna, perwakilan Masyarakat Profesi Penilai Indonesia (MAPPI), Firman Dwi Suprayoga, Jaksa Pengacara Negara (JPN) Kejaksaaan Tinggi DKI Jakarta, Indra Harvianto, Tim Pengadaan Tanah PLN SUTET 500 kV Priok – Muara Tawar dan Bekasi – Muara Tawar serta para pemilik tanah. 

Perwakilan Tim Persiapan Pengadaan Tanah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Agus Saputra mengungkapkan pentingnya kegiatan konsultasi publik ini sebagai bagian dari tahapan proses pengadaan tanah. 

“Konsultasi Publik ini sesuai dengan PP No. 19 Tahun 2021 terkait proses pengadaan tanah untuk kepentingan umum. Untuk itu kami turut mengundang masyarakat terdampak, pengelola barang, pengguna barang maupun pihak yang berhak untuk hadir dalam acara ini,” ungkap Agus. 

Perwakilan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Indra Harvianto, mengungkapkan bahwa dalam kegiatan ini seluruh elemen yang berkepentingan diharapkan berpartisipasi dan mendukung rencana pembangunan infrastuktur ketenagalistrikan ini. 

“Dalam event ini, dibutuhkan elemen dari Tim Pengadaan Tanah, stakeholder, pemilik tanah, bangunan dan/atau tanaman, penggarap, maupun penyewa atau pengontrak yang tinggal di lokasi sehingga kita bisa mendapatkan input dan feedback atas rencana pembangunan SUTET ini,” ujar Indra. 

General Manager PLN UIP JBB, Octavianus Padudung menambahkan bahwa dengan adanya kegiatan konsultasi publik ini harapannya bisa mendapatkan dukungan dari masyarakat atas pembangunan kedua SUTET ini. 

“Harapannya masyarakat menyetujui terhadap adanya pembangunan transmisi Looping Jakarta ini khususnya memahami manfaat positif atas pembangunan SUTET 500 kV Priok – Muara Tawar dan SUTET 500 kV Bekasi – Muara Tawar,” tambah Padudung. 

Dari hasil kegiatan konsultasi publik ini seluruh audiens sepakat untuk mendukung rencana pembangunan 2 infrastruktur ketenagalistrikan. Hal ini mencerminkan dukungan positif dari stakeholder PLN dalam mendukung keandalan sistem kelistrikan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar