Sejumlah Asosiasi Apresiasi Penanganan Mudik dan Arus Balik oleh Pertamina

KBRN, Jakarta: Sejumlah asosiasi mengapresiasi kinerja PT Pertamina (Persero) dalam pelaksanaan mudik dan arus balik Lebaran 2022. Perusahaan pelat merah ini, dinilai sukses menjaga pasokan bahan bakar minyak (BBM) di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di berbagai daerah khsusnya Jawa Barat.

Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan, Pertamina sukses melakukan inovasi dengan menyediakan SPBU modular dan juga menggunakan motor untuk mengantarkan kebutuhan BBM kepada konsumen yang kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan.

“Selama pelaksanaan mudik dan arus balik Lebaran kemarin, YLKI tidak menerima laporan dari masyarakat terkait adanya kelangkaan BBM di SPBU. Hal ini membuktikan kesiapan Pertamina dalam menghadapi hajat tahunan apalagi tahun ini merupakan tahun pertama dibuka kembali kegiatan mudik setelah dua kali Lebaran masyarakat dilarang mudik.," kata Tulus di Jakarta, Kamis (19/5/2022).

Lebih kanjut Dia mengatakan, YLKI mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Pertamina terutama Pertamina Region Jawa Bagian Barat (JBB) atas kesiapan tersebut.

Pengamat energi  dari PUSKEPI, Sofyano Zakaria juga menilai apa yang dilakukan oleh Pertamina Region Jawa Bagian Barat sudah sangat bagus dan layak untuk mendapatkan apresiasi atas usaha serta kerja keras yang dilakukan.

“Saya menyampaikan terima kasih atas upaya Pertamina, terutama Region Jawa Bagian Barat dalam menjaga pasokan BBM kepada masyarakat selama kegiatan arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini. Hal ini membuktikan ketulusan Pertamina dalam melayani masyarakat. Selama Lebaran kemarin, para pegawai Pertamina baik itu Satgas maupun para petugas SPBU tidak mengambil cuti dan bekerja seperti biasa,” jelas Koordinator Asosiasi Pengamat Energi Indonesia (APEI) tersebut.

Sementara itu, Direktur Executive Energy Watch Mamit Setiawan menyampaikan bahwa inovasi Pertamina dengan mendirikan SPBU modular di Rest Area yang belum ada SPBU permanen sangat membantu para pemudik.

“Inovasi SPBU modular ini sangat baik sekali dan patut untuk kita apresiasi. Saya sendiri merasakan manfaat dari inovasi ini dimana saat BBM sudah berkurang bisa mengisi BBM di Rest Area yang terdapat SPBU modular dan saya menjadi lebih tenang untuk melanjutkan perjalanan,” ujar Mamit.

Inovasi menggunakan motor untuk mengantarkan BBM ke pelanggan yang terjebak kemacetan, mendapatkan acungan jempol dari peneliti INDEX, Abra El Tatov. Menurut Abra, hal ini sangat membantu masyarakat ditengah kemacetan yang cukup tinggi saat Lebaran 2022.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar