Sahabat Ganjar Dirikan Dapur Umum Untuk Pengungsi Erupsi Semeru

KBRN, Jakarta : Hingga saat ini, Kelompok Relawan Sahabat Ganjar tidak berhenti memberikan bantuan kepada korban erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur, baik berupa barang maupun tenaga.

Setelah menyalurkan sejumlah bantuan di Candipuro, dan di Penanggal, Kabupaten Lumajang, Sahabat Ganjar mendirikan dapur umum, Selasa (8/12/2021).

Posko Dapur Umum Sahabat Ganjar didirikan di Dusun Candipuro Kerajan, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Tampak sejumlah relawan pendukung Ganjar Pranowo ini sudah aktif memasak sejak malam hari. Dapur Umum Sahabat Ganjar menyalurkan bantuan makanan siap saji dalam bentuk nasi bungkus untuk pengungsi erupsi Gunung Semeru.

Seluruh kegiatan Sahabat Ganjar Peduli Bencana ini adalah murni inisiatif dan sumbangan dana dari relawan di 300 cabang DPC Sahabat Ganjar seluruh Indonesia.

“Sehingga kami memiliki respon cepat jika terjadi bencana alam. Teman-teman relawan di daerah lain yang ingin membantu langsung berkoordinasi dengan DPP, sehingga bantuan langsung dikoordinasikan untuk dikirim ke lokasi bencana," ujar Indah CH, Humas DPP Sahabat Ganjar.

Sementara, Sumaidah yang ditemui saat memasak di Dapur Umum Sahabat Ganjar mengaku bahwa semua yang terlibat adalah emak-emak relawan Sahabat Ganjar Jawa Timur. "Melalui grup WA kami sepakat membantu memasak di dapur umum ini," kata Sumaidah.

“Kemarin saya membantu penyerahan bantuan di Posko Koperasi Candipuro langsung. Karena menurut saya kekurangan konsumsi, jadi saya dan teman-teman dirikan dapur ini sudah sejak 3 hari. Tujuannya untuk meringankan beban orang yang terkena musibah.” Tambah Sumaidah.

Sebelumnya, Sahabat Ganjar telah menyalurkan sejumlah bantuan yang berupa makanan siap saji, air mineral, selimut, masker, karpet, vitamin, pembalut, obat-obatan yang secara langsung diberikan kepada korban erupsi Gunung Semeru.

"Selain berupa barang, Sahabat Ganjar juga menyalurkan sejumlah dana bantuan yang diberikan kepada warga terdampak," tutur Sumaidah.

Selain itu, Sahabat Ganjar juga berharap dapat turut serta menjaga kondisi kesehatan pengungsi melalui asupan makanan bergizi.

“Harapan kami supaya dapur umum ini dapat menambah gizi dan makan mereka bisa seperti semula. Dan yang terpenting para korban tidak khawatir soal makanan,” pungkas Kesit sebagai penanggung jawab Aksi Sahabat Ganjar Peduli Bencana.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar