Uji coba Ganjil genap di Jalan Raya Margonda mulai akhir pekan ini

Kondisi Lalin di Jalan Raya Margonda dari arah Jakarta menuju Depok, Selasa (30/11). FOTO RRI/Rido Lingga
Flyer Gage. FOTO: Ist

KBRN, Depok: Polres Metro Depok akan melakukan uji coba penerapan ganjil-genap (Gage) di Jalan Raya Margonda mulai akhir pekan ini. Uji coba perdana ini akan dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu, 4-5 Desember 2021. 

Kasat Lantas Polres Metro Depok Kompol Jhoni Eka Putra menuturkan uji coba Gage di Jalan Raya Margonda, berlaku mulai dari Simpang Ramanda hingga Flyover Universitas Indonesia (UI). Penerapan Gage ini pun hanya berlaku selama 6 jam yakni mulai pukul 12:00-18:00 WIB. 

"Uji coba ganjil-genap di Jalan Raya Margonda pada akhir pekan mulai Sabtu ini karena memang selama ini volume kendaraaan kerap macet di jalan tersebut. Uji coba ini merupakan salah satu tahapan kajian lapangan yang dilakukan bersama stakeholder terkait," tutur Jhoni kepada RRI, Selasa (30/11/2021). 

Adapun kendaraan yang terkena dampak Gage adalah roda empat, sedangkan kendaraan darurat seperti ambulan, angkutan umum dan sepeda motor tidak terkena dampak aturan ini. 

"Jadi Gage ini khusus untuk kendaraan roda empat ya. Ambulans atau kendaraan darurat, angkutan umum serta roda dua ngga terdampak aturan ini," ujar dia. 

Jhoni menegaskan, selama masa uji coba Gage, pihaknya tidak akan melakukan penindakan atau tilang. Kendaraan yang melanggar akan diberi himbauan kemudian dialihkan. 

"Selama uji coba belum ada penindakan ya. Ini baru tahap sosialisasi, kita arahkan lalu di alihkan," ucapnya. 

Puluhan personel gabungan dari Polres Metro Depok, TNI, Dishub dan Satpol PP Kota Depok akan disiagakan dalam uji coba Gage itu. 

Ia pun mengajak masyarakat untuk mendukung penerapan Gage, sehingga permasalahan kemacetan di Kota Depok dapat terurai. 

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Depok Tengku Muhammad Yusufsyah Putra  mengatakan mendukung kebijakan penerapan Gage di Jalan Raya Margonda untuk mengurai permasalahan kemacetan yang selama kerap terjadi. Meski demikian, Putra meminta Pemkot Depok untuk berani menghentikan kebijakan itu apabila setelah di uji coba dalam kurun waktu yang ditentukan tidak membuahkan hasil. 

"Intinya pemerintah kan ingin memberikan solusi atas permasalahan kemacetan yang sering terjadi di Jalan Raya Margonda dengan menerapkan uji coba Gage. Tapi jika nanti ternyata kajian itu tidak menyelesaikan masalah ya udah selesai ngga usah diteruskan," kata Putra. (RL)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar