FOKUS: #PEMBELAJARAN ERA PANDEMI

Bantu Warga Terdampak Covid - 19, RBL Layani Warga Sepenuh Hati

KBRN, Jakarta: Upaya mendukung program pemerintah dalam percepatan Vaksinasi Covid-19, Anggota Dewan Kota Jakarta Selatan, Zainudin MY.SH, membentuk organisasi kemanusiaan yang diberi nama “Relawan Bersama Lawan Covid-19” (RBL C-19) Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan , yang langsung berada di bawah komandonya.

Dalam kepeduliannya, Ketua RBL C-19, Zainudin MY.SH, mengajak seluruh anggotanya yang tediri dari RT, RW, LMK, FKDM, Kader, Sukarelawan, dan tokoh masyarakat dan disupport Rumah Sakit Umum (RSU) Andhika untuk melayani masyarakat dengan sepenuh hati .

Zainudin MY.SH, yang akrab di panggil Bang Zain ini meminta para relawan ini untuk bekerja dengan hati tanpa mengenal status sosial, SARA, profesi, dan bekerja secara mandiri melayani masyarakat, khususnya warga se-Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, dengan harapan pandemi Covid-19 segera teratasi menuju masyarakat sehat.

“Banyak masyarakat terbantu dengan hadirnya RBL C-19, warga masyarakat yang terpapar Covid-19 dikediamannya untuk tindak lanjut (TL), dijemput dengan menggunakan ambulans milik RSU Andhika dan ambulans milik Masjid JAMI AL-HUDA, Jalan Situ Mangga Bolong Srengseng Sawah Jagakarsa Jakarta Selatan,” papar Zainudin MY.SH. di Posko RBL C-19 di RSU. Andhika di kawasan Jalan Warung Sila nomor 8, RT.6, RW 4, Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Rabu, (4/8/2021).

Lebih lanjut Bang Zain mengatakan, para relawan bukan hanya bertemu pasien Covid-19 ke RSU rujukan saja, tetapi juga mengkoordinasikan dengan pihak terkait kematian Covid-19 yang meninggal dunia dengan meninggal dunia dengan jenazah ke Taman Pemakaman Umum (TPU).

Tak hanya itu, tandas Bang Zain, kegiatan sosial RBL C-19 lainnya adalah membantu warga masyarakat yang mandiri (isoman) dengan memberikan logistik, vitamin, serta memberikan alat pelindung diri (APD) bagi petugas penggali kubur. Bahkan RBL C-19 kerap kali menggelar khitanan massal untuk anak-anak dhuafa, mendukung dengan RSU Andhika serta berkolaborasi dengan pengurus RW 02, Kecamatan Jagakarsa.

RBL C-19 melakukan aksi kepedulian terhadap sesama pada program Jumat berkah pada 30 Juli 2021 lalu dengan memberikan puluhan nasi kotak ke Yayasan Yatim Piatu Shobil Istiqomah di Jakarta Timur dan Royyan di Ciganjur, Jagakarsa Jakarta Selatan.

“Kendati hanya nasi kotak siap saji, tapi kami suguhkan secara higenis dengan air mineral murni. Semoga aksi peduli kami dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat untuk ikut peduli kepada sesama dan bisa menginspirasi untuk berbagi. Apalagi dalam keadaan sulit yang diakibatkan pandemi Covid-19 ini,” pungkas Bang Zain.**

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00