Baru 18 persen, Herd Immunity Kota Depok terkendala oleh distribusi vaksin

Kegiatan vaksinasi massal di Kejari Depok. FOTO RRI/Rido Lingga

KBRN, Depok: Pemerintah Kota memperpanjang penerapan kebijakan PPKM level 4 sesuai Keputusan Wali Kota Depok Nomor 292 tahun 2021 tentang perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 4 Covid-19.

Pada perpanjangan ketiga PPKM Level 4 ini Satgas Covid-19 Kota Depok masih fokus dalam mengoptimalkan kegiatan 3T yaitu Tracing, testing, dan treatments atau vaksinasi.

"Untuk kegiatan vaksinasi saat ini tidak hanya dilakukan di 38 puskesmas dan rumah sakit, tetapi juga ada kegiatan vaksinasi di sentra sentra vaksinasi massal yang dilakukan oleh TNI/Polri. Ini seluruhnya bahu membahu dalam rangka mencapai herd immunity," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Depok Dadang Wihana kepada RRI, Selasa (27/7/2021). 

Dadang menyebutkan untuk kegiatan vaksinasi, Satgas Covid-19 Kota Depok mengalami kendala yakni jumlah supply vaksin dari Kementerian Kesehatan.

Sebab dari 1.6 juta target vaksinasi untuk mencapai herd immunity baru 18 persen nya atau 288 ribu orang yang mendapat vaksinasi dosis pertama.

"Kami bermohon kepada Kemenkes agar pendistribusian vaksin Kota Depok dapat di prioritaskan. Karena Depok ini adalah daerah penyangga yang sangat berbatasan langsung dengan Ibu Kota Negara dan berdasarkan rakor pak Mendagri dan pak Wali Kota beberapa hari yang lalu, mohon untuk diprioritaskaan terkait dengan distribusi vaksin ke wilayah Kota Depok," ujar Dadang.

Disinggung terkait evaluasi penularan Covid-19 di Kota Depok pada PPKM Darurat sebelumnya? Dadang mengakui bahwa penularan Covid-19 di Depok masih terjadi dengan penambahan rata rata 700 an kasus per hari. 

Akan tetapi, kondisi ini menurut Dadang sudah membaik jika dibandingkan dengan penambahan kasus positif Covid-19 dua minggu lalu yaitu rata rata 1000 an kasus per hari.

"Lalu untuk bed occupancy rate (BOR) isolasi khususnya saat ini sudah dibawah 90 persen, kemudian juga ada penurunan mobilitas warga berdasarkan data di Dinas Perhubungan sebesar 15 persen. Jadi ada tren perbaikan di dalam PPKM Darurat maupun PPKM level 4," ucap Dadang.

Sebagai informasi, total kasus terkonfirmasi Covid-19 di Depok, per Selasa 27 Juli 2021 sebanyak 83.198 kasus, sembuh 70.746 kasus, meninggal dunia 1.602 kasus. Sedangkan kasus terkonfirmasi aktif Covid-19 yang masih menjalani perawatan baik dirumah sakit maupun isolasi mandiri sebanyak 10.850 kasus. (RL)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00