FOKUS: #PEMBELAJARAN ERA PANDEMI

Saatnya Pertanian Dikelola Anak Muda

KBRN, Jakarta : Program pengembangan SDM pertanian, khususnya penumbuhan petani milenial, mendapat respon postif dari Walikota Padang Panjang. Ini terungkap saat penyerahan bantuan Penyerahan Bantuan Sarana dan Prasarana untuk P4S Permata Ibu yang merupakan P4S Binaan Balai Pertanian Jambi (Bapeltan) Jambi yang ikut di hadiri oleh Walikota Padang Panjang.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, menyampaikan Indonesia merupakan negara besar yang memiliki sumberdaya alam (SDA) dan sumberdaya manusia (SDM) yang baik dan melimpah. 

"Kementan sendiri telah menetapkan arah kebijakan pembangunan pertanian, yaitu pertanian maju, mandiri, dan modern yang menjadi pedoman untuk bertindak cerdas, tepat, dan cepat, termasuk dalam mencetak regenerasi pertanian," katanya. 

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi mengatakan, petani harus mengetahui proses pertanian dari hulu sampai ke hilir. 

"Petani harus mengetahui proses dari mengolah lahan sampai packaging, bahkan penjualan. Hal ini akan menjadi nilai lebih buat petani," ujar Dedi.

P4S merupakan lembaga pelatihan pertanian dan pedesaan yang didirikan, dimiliki, dikelola oleh petani secara swadaya baik perorangan maupun berkelompok dan diharapkan dapat secara langsung berperan aktif dalam pembangunan pertanian

P4S Permata Ibu ditetapkan menjadi P4S Terbaik Nasional sejak 2019 oleh Kementerian Pertanian. P4S Permata ibu yang berada sekitar 2 KM dari Kota Padang Panjang, Sumatera Barat. P4S Permata Ibu yang dikelilingi Gunung Merapi dan Gunung Singgalang, terus berupaya menjadi tempat pelatihan swadaya terbaik yang dalam waktu dekat ini akan memproduksi permen dan susu.

Walikota Padang Panjang, Fadli Amran, menyambut baik bantuan dan perhatian menteri Pertanian atas P4S Permata Ibu diwilayah Padang panjang. 

“Apresiasi dan terima kasih kepada Balai Pelatihan Pertanian Jambi atas perhatiannya terhadap P4S yang ada di Kota Padang Panjang. Semoga dengan kemitraan dan kerja sama yang baik seperti ini, mampu meningkatkan gairah petani yang ada di kota ini,” katanya.

Fadli menambahkan, sudah saatnya pertanian dikelola anak muda.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00