Politisi PKS Minta Pemprov dan KPU DKI Bersiap Jelang Pilkada 2022

KBRN, Jakarta : Draf UU Pemilu dan Pilkada dimasukan dalam program legislasi nasional (prolegnas) prioritas DPR RI 2021 tentang rencana pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2022 dan 2023.

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi A DPRD DKI dari Fraksi PKS yang membidangi pemerintahan, Karyatin Subiantoro mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan KPU DKI harus bersiap untuk melaksanakan kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) yang akan serentak dilaksanakan di 101 wilayah se-Indonesia tahun 2022.

“Karena itu, persiapan pemerintah, baik pusat dalam hal ini KPU apalagi Provinsi dan Kabupaten Kota, sudah seharusnya mempersiapkan semua tahapan Pilkada tersebut,” ujar Karyatin di Jakarta, Senin (25/1/2021) kemarin.

Karyatin menyatakan, kesiapan ini juga tidak terkecuali untuk para tokoh yang punya kelayakan untuk ikut tampil dalam kontestasi Pilkada tersebut, karena punya waktu yang cukup untuk mempersiapkannya.

“Apalagi dalam Pilgub DKI nanti, akan terasa lebih dari sekedar pemilihan Gubernur, mungkin akan lebih terasa Pilpres, dan itu sudah pernah kita saksikan saat Pilkada 2017, bahkan bisa jadi lebih seru, karena akan menjadi batu loncatan menuju Pilpres 2024,” katanya.

Menurut pria yang juga Wakil Ketua Bidang Pengembangan Wilayah (BPW) Banten DKI Jakarta dan Jawa Barat (Banjabar) DPP PKS ini, bagi PKS, Pilkada menjadi suatu perhelatan politik bukan hanya tingkat Provinsi, namun juga perhelatan politik tingkat nasional.

Semua potensi dan sumber daya parpol akan memperhitungkan dengan harus lebih cermat dan lebih komprehensif dalam menentukan variabel-variabel kemenangan Pilkada 2022.

“Bukan hanya tokoh yang akan diusung maju dalam pilkadanya saja, tetapi variabel penentu kemenangan yang lainnya juga amat rumit dan kompleks,” ucap Karyatin.

Namun bagi PKS, lanjutnya, selain kemenangan itu mengandalkan soliditas mesin partai, tapi sejatinya lebih bertumpu kepada bahwa kemenangan itu dari Allah SWT.

“Sehingga mesin partai sebagai salah satu sarana harus lebih didekatkan lagi kepada Allah SWT sebagai penggerak semua kejadian yang ada di muka bumi ini,” tuturnya.

Selain penyelenggara pemilu, baik pemerintah pusat maupun daerah, para pengurus partai juga harus mempersiapkan semua proses dan tahapan-tahapan pilkada tersebut.

Khususnya kepada pengurus PKS di tingkat wilayah dan kabupaten kota, terutama DKI, sudah seharusnya sesegera mungkin menyiapkan tahapan-tahapan Pilkada DKI secara internal partai.

“Jajaran DPTW PKS DKI dan Fraksi PKS DPRD DKI juga sudah harus melakukan persiapan-persiapan yang maksimal dan terukur,” pungkas Karyatin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00