Pemuda Pancasila Dukung Calon Kapolri Pilihan Jokowi

KBRN, Jakarta : Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi nama pilihan Presiden Joko Widodo yang diajukan sebagai calon tunggal Kepala Kepolisian RI.

Terkait hal itu, Presiden telah mengirim surat kepada DPR RI pada Rabu (13/1/2021) lalu. Surat diterima oleh Ketua DPR Puan Maharani, didampingi tiga wakilnya, yaitu Azis Syamsuddin, Sufmi Dasco Ahmad, dan Rachmat Gobel. Puan mengatakan, DPR RI akan segera memproses surat presiden.

Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila, KPH Japto S Soerjosoemarno, mengapresiasi kelima nama kader terbaik calon Kapolri yang diajukan oleh Kompolnas kepada Presiden Jokowi.

Kelima nama tersebut antara lain adalah Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar.

Kemudian Kepala Bareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo; Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Pol, Arief Sulistyanto; dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Pol Agus Andrianto.

“Jokowi saat ini tengah bertarung dengan segenap daya yang ada untuk memastikan periode kedua ini bisa diakhiri dengan mulus. Sebab, periode ini tidaklah semudah periode I, ada pandemi Covid-19 yang menyebabkan seluruh rencana periode II nyaris berantakan,” ujar Japto, Jum'at (15/1/2021).

Maka, kata Japto, tidaklah mengherankan jika Jokowi memilih sosok yang secara personal telah dikenalnya dan pernah bekerja sama. Faktor kepercayaan itu sebagai pertimbangan utama Presiden Joko Widodo memilih Komjen Listyo Sigit Prabowo.

“Keduanya secara personal kenal, dan pernah bekerja sama saat Pak Jokowi Walikota dan Pak Sigit Kapolres Surakarta. Kemudian lebih dekat lagi saat Pak Sigit jadi Ajudan Pak Jokowi saat dilantik jadi presiden (2014-2016),” kata Japto.

Selanjutnya : Calon Kapolri

Halaman 1 dari 2

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00