Ajak Mitra Kerja, Tumbuhkan Budaya Anti Korupsi dan Gratifikasi

Gratifikasi dianggap suap jika sesuatu yang diterima pegawai negeri atau penyelenggara negara yang berhubungan dengan jabatannya dan yang berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya

KBRN, Jakarta: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) cabang Jakarta Pluit menggelar  penyuluhan anti korupsi, dengan tema "Menumbuh Kembangkan Budaya Anti Korupsi dan Gratifikasi". Penyuluhan itu digelar secara webiner dengan mengundang mitra kerja BPJAMSOSTEK Cabang Jakarta Pluit  sebagai peserta kegiatan, yang dilangsungkan hari ini, Jum'at (25/09/2020)

Sebagai narasumber yang menyampaikan materi  adalah Bpk. Antonius Lambok Ginting (Tunas Integritas BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Jakarta Pluit).

Saat menyampaikan materi, Antonius memberikan pemahaman kepada peserta terkait dengan gratifikasi dan suap.Praktik gratifikasi dan suap dalam bermitra karena acap kali samar dan tidak nyata tetapi berimplikasi pada pekerjaan.

"Praktik gratifikasi yang acap tidak langsung tapi patut diduga berkaitan dengan permintaan sesuatu terkait dengan jabatan pegawai yang bersangkutan", ungkapnya.

Antonius memisalkan, ajakan makan sering kali dianggap biasa jika diajukan oleh mitra kerja atau petugas dari perusahaan peserta, tetapi akan tidak biasa jika ajakan itu oleh perusahaan yang diketahui bermasalah dalam pembayaran iuran.

Antonius  mengingatkan kembali definisi gratifikasi, yakni pemberian dalam arti luas yang meliputi pemberian uang tambahan (fee), hadiah uang, barang, rabat (diskon), komisi pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma, dan fasilitas lainnya.

"Gratifikasi dianggap suap jika sesuatu yang diterima pegawai negeri atau penyelenggara negara yang berhubungan dengan jabatannya dan yang berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya", jelasnya.

Selanjutnya : Ajak Mitra, Tumbuhkan Budaya Anti Korupsi dan Gratifikasi

Halaman 1 dari 2

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00